Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Graziano Pelle Masuk Sejarah Feyenoord

By Riemantono Harsojo - Selasa, 19 Februari 2013 | 12:10 WIB
Graziano Pelle, idola publik De Kuip pada musim 2012/13 (AFP)

Belum  satu musim membela Feyenoord Rotterdam , penyerang Graziano Pelle sudah masuk buku sejarah klub yang bermarkas di Stadion De Kuip itu.

Dalam pertandingan pekan ke-23 Eredivisie melawan tuan rumah FC Zwolle, Minggu (17/2), Graziano Pelle menjadi pemain pertama Feyenoord Rotterdam dalam 40 tahun terakhir yang mencetak gol ke gawang tim sendiri serta juga ke gawang lawan.
Graziano Pelle mencetak gol bunuh diri saat pertandingan baru berjalan dua menit. Empat menit kemudian tuan rumah Zwolle unggul 2-0. Namun, penyerang asal Italia berusia 27 tahun tersebut dengan hebat mampu menyamakan kedudukan dengan cepat melalui gol di menit 33 dan 34. Akan tetapi, pada babak kedua Zwolle mampu mencetak satu gol tambahan, sementara Feyenoord Rotterdam gagal. Feyenoord Rotterdam kalah 2-3.


Seperti ditulis oleh situs ad.nl, Graziano Pelle mengikuti jejak Dick Schneider yang dalams atu pertandingan mencetak gol untuk Feyenoord dan juga ke gawang sendiri pada Oktober 1973.


Tambahan dua gol pada akhir pekan lalu mengantar Graziano Pelle mendekati pemimpin daftar pencetak gol terbanyak Eredivisie musim ini, Wilfried Bony. Graziano Pelle telah mengemas 17 gol atau tertinggal dua dari penyerang Vitesse itu.


Graziano Pelle menjadi idola publik De Kuip pada musim ini. Gol-golnya sering mengantar Feyenoord meraih kemenangan atau menghindarkan klub dari kekalahan. Contohnya, pada awal musim ini tendangan salto Graziano Pelle pada menit terakhir ke gawang Ajax Amsterdam membuat Feyenoord bisa menahan musuh abadi mereka dengan skor 2-2.


Pada awal musim Graziano Pelle masih berstatus pemain pinjaman dari Parma, Italia. Namun, setelah memperlihatkan kontribusi besar bagi tim lewat gol-golnya, penyerang yang pernah berbaju AZ, Sampdoria, Cesena, dan Lecce ini langsung diikat oleh Feyenoord Rotterdam. Pada 5 Januari lalu, Graziano Pelle menandatangani kontrak selama empat musim terhitung sejak 1 Juli mendatang.