Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sociedad Tatap Kejuaraan Eropa di Bawah Montainer

By Verdi Hendrawan - Rabu, 20 Februari 2013 | 00:50 WIB
Carlos Vela, jadi kunci kebangkitan La Real di musim ini. (Manuel Queimadelos/Getty Images)

Real Sociedad yang kini dilatih Philippe Montainer, memiliki rekor bagus dalam enam pertandingan liga terakhir. Mereka berhasil meraih poin dari enam pertandingan La Liga terakhir, termasuk mengalahkan Barcelona yang pada saat itu belum pernah mengalali kekalahan di La Liga sejak awal musim 2012/13. La Real berhasil meraih tiga kemenangnan dan tiga hasil imbang.

Pengan pencapaian itu, Real Sociedad berhasil menempati posisi ke enam, atau posisi terakhir untuk dapat berkompetisi di ajang Europa League musim depan. Ini adalah prestasi hebat bagi tim yang tiga musim lalu baru promosi dari Segunda Division.

Pemampilan yang tidak konsisten pada awal musim 2012/13, membuat jauh dari harapan mereka untuk dapat meraih posisi seperti sekarang ini. Philippe Montainer yang baru menangani La Real pada musim keduanya ini telah berhasil menunjukan peningkatan performa tim yang jauh lebih baik dibandingkan pada musim pertamanya yang hanya berhasil menempati posisi ke-12.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya pemain buda bertalenta yang dimiliki Sociedad dalam timnya, seperti Inigo Martinez, Ruben Pardo, Illarra, Antoine Griezmann dan Carlos Vela. Selain itu Montainer berhasil merubah pola pikir tim untuk dapat terus menyerang dengan kecepatan penuh, serta kreativitas tinggi pada semua pemainnya.

Montainer percaya bahwa salah satu motor serangannya yang paling penting adalan Carlos Vela. Pemain yang baru mendapatkan status sebagai pemain permanen di Sociedad setelah musim lalu dipinjam dari Arsenal pada awal musim ini, telah berhasil mencetak 10 gol bagi tim. Ini merupakan peningkatan dibanding musim lalu yang hanya mempu mencetak delapan gol sepanjang musim.

Apabila penampilan konsisten ini terus diperlihatkan oleh para pemain Sociedad, bukan tidak mungkin bahwa peluangnya untuk kembali bermain di Liga Champion akan semakin terbuka. Mereka hanya terpaut lima angka dari Malaga yang menempati posisi keempat, atau posisi terakhir untuk mendapat tiket ke Liga Champion.

Namun Europa League adalah tujuan yang paling realistis bagi La Real musim ini, mengingat persaingan di La Liga begitu besar dan ketat.