Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

EPL Siap Pakai Goal Line Technology Musim 2013/14

By Verdi Hendrawan - Rabu, 20 Februari 2013 | 23:04 WIB
Percobaan GLT di Piala Dunia Antar Klub, Desember 2012 di Jepang. (Yoshikazu Tsuno/Getty Images)

Premier League tampaknya kini telah berharap untuk dapat menggunakan Goal Line Technology (teknologi garis gawang) secapatnya. FIFA yang baru akan memperkenalkan teknologi ini pertama kali pada Piala Konfederasi 2013 di Brasil, tampaknya akan segera digunakan juga oleh liga dari negeri Ratu Elizabeth itu.

FIFA telah mengumumkan pada Selasa (19/2), bahwa mereka akan segera memperkenalkan teknologi tersebut pada kali pertamanya sebagai percobaan dasar. Dalam perkembangannya, akan diserahkan kepada pemegang otoritas tertinggi pengatur liga atau kompetisi yang menggunakannya.

Pihak Premier League sendiri telah bertemu dengan perusahaan yang memiliki lisensi sejak tahun lalu untuk memasang Goal Line Technology (GLT), seperti Hawk-Eye dan GoalRef untuk dapat memasang perangkat tersebut pada pertandingan-pertandingan besar Premier League. Namun karena penggunaannya belum diresmikan oleh FIFA, maka mereka pun urung untuk dapat menggunakannya.

Namun kini hal itu bisa lebih cepat dilakukan, karena GLT pernah sukses digunakan pada saat Piala Dunia Antar Klub di Jepang Desember 2012 silam. Hingga kini belum ada tanggal yang pasti kapan GLT dapat segera digunakan, namun pihak Premier League menginginkan teknologi itu sudah dipersapkan pada Agustus 2013 mendatang.

"Premier League akan menjadi perintis jangka panjang untuk penggunaan GLT. Kami telah mendiskusikannya dengan perusahaan yang berlisensi dari FIFA untuk dapat secepatnya menggunakan teknologi itu sepraktis mungkin," tutur juru bicara pengelola Premier League.

FIFA telah memberikan ijin kepada kedua perusahaan itu sejak dua tahun yang lalu, namun perusahaan itu baru akan diberikan ijin untuk melakukan pemasangan pada April 2013. Hal inilah yang membuat Premier League untuk melakukan pembicaraan bersama mereka sedini mungkin, dan akan memilih satu dari dua perusahaan itu untuk menginstalasinya di Premier League.