Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kandaskan Persib, Mitra Kukar Kokoh di Puncak

By Muhammad Murfi Aji - Kamis, 21 Februari 2013 | 21:02 WIB

2.

Kemenangan melawan Persib Bandung membuat Mitra Kukar semakin kokoh di puncak klasemen Indonesia Super League. Dengan kemenangan ini, Mitra Kukar berhasil bertahan di puncak klasemen dengan selisih empat poin dari posisi kedua, Arema Indonesia. Sedangkan kekalahan ini membuat Persib tertahan di posisi ke-14.

Paolo Franginpane tampil luar biasa dalam pertandingan tersebut. Frangipane berhasil mencetak dua gol dari empat gol yang dicetak oleh Mitra Kukar. Selain dua gol dari Frangipane, gol dari Mitra Kukar dicetak melalui bunuh diri pemain Persib, M. Ridwan di menit 22, dan Jajang Mulyana di menit 70. Sedangkan gol dari Persib dicetak oleh Abanda Herman dan M. Ridwan.

Sejak menit awal Mitra Kukar langsung menyerang pertahanan Persib Bandung, namun hingga 20 menit laga berlangsung belum ada peluang berarti untuk kedua tim.

Memasuki menit ke-22, Mitra Kukar berhasil memecah kebuntuan lewat bunuh diri M. Ridwan. M. Ridwan melakukan kesalahan ketika ingin menghalau umpan silang dari Arif Suyono. M. Ridwan yang bermaksud membuang bola malah membuat bola masuk ke gawang Persib yang dikawal Made Wirawan.

Atep memiliki peluang di menit 37 ketika berhasil melakukan kerja sama dengan Sergio van Dijk, namun sayang tembakan Atep masih melambung di atas mistar gawang Mitra Kukar.

Frangipane membuat Mitra Kukar menggandakan keunggulan di menit 40 ketika sepakan terukurnya tidak mampu diantisipasi oleh Made Wirawan. Frangipane melakukan tendangan ke pojok kiri atas gawang Made dan tidak bisa diselamatkan oleh Made Wirawan.

Kali ini Persib bereaksi dengan cepat. Abanda Herman mampu memperkecil kedudukan melalui sundulannya setelah menerima umpan silang dari van Dijk. Babak pertama usai dengan skor 2-1 untuk tuan rumah.

Di babak kedua, permainan lebih menarik. Mitra Kukar langsung mendapat peluang menit ke-50 lewat Esteban Hererra, namun Made Wirawan masih bisa menyelamatkan gawangnya dan hanya menghasilkan sepak pojok. Bustomi juga sempat mengancam gawang Persib lewat sontekannya di menit ke-67, Made Wirawan kembali melakukan penyelamatan gemilang dan membuat skor tetap 2-1.

Gelombang serangan Mitra Kukar akhirnya membuahkan hasil di menit 70. Jajang Mulyana berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Persib ketika Naser Al Sebai gagal membuang bola. Jajang dengan cerdik langsung melakukan sontekan ke gawang Made Wirawan dan mengubah kedudukan menjadi 3-1.