Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Simon Santoso Perpanjang Absen

By Eky Rieuwpassa - Senin, 25 Februari 2013 | 19:06 WIB
Simon Santoso (Erly Bahtiar/Bolanews)

Simon Santoso harus absen dari tur turnamen Eropa, seperti Jerman Terbuka, All England, dan Swiss Terbuka, karena masih dalam masa pemulihan kondisi fisik akibat menderita penyakit gondokan.

"Saat ini saya fokus untuk pemulihan cedera. penting sembuh dulu," kata Simon.

Dengan absennya Simon, ia tak bisa menebus kekalahannya tahun lalu saat harus menyerah di babak final setelah ditaklukkan bintang China, Lin Dan, dalam dua *game* langsung, 11-21 dan 11-21, pada Jerman Terbuka. Pada All England tahun lalu, Simon hanya sempat menginjakkan kakinya di putaran pertama setelah akhirnya dijegal oleh pemain Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, dalam rubber game, 21-14, 8-21, dan 7-21.

"Saya akan kembali turun ke turnamen kemungkinan April mendatang di New Zealand Open," kata Simon.

Simon telah absen dari berbagai turnamen Super Series, seperti Cina, Hong Kong, Korea, dan Malaysia, karena menderita penyakit gondongan sejak lima bulan lalu. Pada laganya di Prancis Terbuka Oktober 2012, pemain peringkat delapan dunia ini terpaksa mundur karena kondisi tubuhnya yang menurun.

Sebenarnya Simon kembali turun lapangan saat membela klubnya, Tangkas Specs, di kejuaraan grup Superliga Badminton 2013 di Surabaya, awal Februari silam. Namun, Simon yang saat itu baru beberapa hari latihan setelah masa istirahat total menampilkan performa yang tidak maksimal pada laga perdananya pada 2013.

Dengan absennya Simon pada tiga kejuaraan Eropa itu juga mengancam peringkat Simon karena kemungkinan bisa turun.