Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inter Didenda 50.000 Euro Karena Tindakan Rasisme

By Syamsul Arif - Selasa, 26 Februari 2013 | 21:17 WIB
Inter didenda karena ulah para pendukung. (Marco Luzzani/Getty Images)

Internazionale akhirnya dijatuhkan denda sebesar 50.000 Euro atas tindakan para pendukungnya yang melakukan tindakan rasisme kepada penyerang AC Milan, Mario Balotelli, pada pertandingan Derby della Madonnina, Senin (25/2) dini hari WIB, di Giuseppe Meazza.

Internazionale menjamu AC Milan dalam lanjutan Serie A 2012/13 pekan ke-26. Pada pertandingan yang berakhir imbang 1-1 itu, beberapa kubu pendukung I Nerazzurri tertangkap kamera melakukan tindakan rasisme, seperti mengacungkan mainan berbentuk pisang raksasa kepada Mario Balotelli. Selain itu, mereka juga terdengar menyanyikan lagu-lagu berbau rasisme.

Lega Serie A, selaku ofisial penyelenggara Serie A, pun langsung mengadakan investigasi untuk menyelidiki kebenaran kabar itu. Setelah dilakukan penyelidikan oleh Lega Serie A, ternyata semua hal itu terbukti. Oleh karena itu mereka pun menjatuhkan denda sebesar 50.000 Euro kepada Inter atas tindakan para pendukungnya di laga Derby della Madonnina. Berikut kutipan dari penjelasan Lega Serie A terkait insiden rasisme yang dilansir dari Football Italia.

"Pada menit ke-11, 15, 19, dan 64 terdengar teriakan dan nyanyian berbau rasisme yang ditujukan kepada Mario Balotelli. Pada menit ke-30 dan 89, terjadi lagi hal yang sama, tetapi ditujukan kepada para pemain lain."

"Pada menit ke-12 dan 82 muncul empat spanduk yang berisi penghinaan kepada para pemain dan pendukung AC Milan."