Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

90 Ribu Bendera Catalan Akan Semarakkan EL Clasico

By Verdi Hendrawan - Rabu, 27 Februari 2013 | 02:19 WIB
Suasana seperti ini akan memeriahkan laga El Clasico Rabu (27/2). (eurocomment.wordpress.com)

bagikan 90 ribu bendera nasional Catalan yang bernama Senyera.

Catalan adalah negara yang baru memerdekakan dirinya dari kerajaan Spanyol sejak 11 September 2012 lalu. Mereka melihat adanya ketidak adilan pemerintah pusat terhadap hak-hak dan perlakuan kepada Catalan. Hal itu sudah berlangsung selama puluhan tahun, termasuk perlakuan tidak adil dalam hal sepak bola.

Perseteruan antara Barcelona dan Real Madrid sebenarnya bukan hanya karena kedua tim itu adalah tim terbesar di Spanyol, melainkan ada hal lain yang membuat persaingan antara keduanya menjadi begitu sengit.

Real Madrid yang merupakan klub kesayangan para pemimpin di Spanyol, selalu mendapatkan perlakuan yang istimewa dari pemerintah. Sementara itu Barcelona yang merupakan klub rakyat, selalu mendapatkan perlakuan yang tidak semestinya mereka terima karena El Barca adalah pesaing terbesar El Real, meski hal itu tidak terjadi lagi atau tidak terlalu mencolok dalam 10-50 tahun terakhir.

Biasanya pertandingan El Clasico akan di hadiri oleh sekitar 91 ribu hingga 96 ribu penonton yang akan memadati Stadion Camp Nou yang memiliki kapasitas sebesar hampir 100 ribu (99.786) penonton. 90 ribu bendera Catalan akan dibagikan kepada semua pengunjung baik yang memadati tribun pendukung tuan rumah maupun pendukung tim tamu.