Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Turki Tak Minat Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020

By Ade Jayadireja - Rabu, 27 Februari 2013 | 14:15 WIB
Hasan Arat (kiri) (Getty Images)

Ketua perwakilan Turki untuk pencalonan Olimpiade Istanbul 2020, Hasan Arat, mengatakan bahwa negaranya tidak akan mencalonkan diri menjadi tuan rumah di ajang Piala Eropa 2020 itu.

Hal ini menanggapi permintaan Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Michael Platini, yang ingin menggelar semi final dan final Piala Eropa 2020 di Turki. Waktu kejuaraan Piala Eropa juga bersamaan dengan pagelaran Olimpiade 2020.

"Saya rasa sudah sangat jelas bahwa kami hanya akan mencalonkan diri jadi tuan rumah Olimpiade. Tak ada ketertarikan resmi, dan komentar itu dibuat oleh UEFA," kata Hasan Arat seperti dilansir Soccerway.

Turki sendiri difavoritkan untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020, sebelum UEFA memutuskan siapa yang menjadi tuan rumah event sepak bola empat tahunan terbesar di Eropa. Pasalnya UEFA setuju untuk menggelar ajang sepak bola terbesar di benua Biru itu di multi-negara.

"Saya pikir sudah sangat jelas bahwa kami hanya untuk Olimpiade. Tidak ada agenda lainnya dan ini (Olimpiade) adalah rencana kami nomor satu. Kami akan melaporkan hal ini kepada komite evaluasi," tuntasnya.

Laporan Tribunnews