Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Getafe, dari Degradasi ke Perebutan Tiket Eropa

By Verdi Hendrawan - Kamis, 28 Februari 2013 | 01:54 WIB
Luis Garcia (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Pelatih Getafe, Luis Garcia Plaza, mengatakan bahwa target utama timnya pada awal musim adalah menghindari zona degradasi untuk dapat bertahan di La Liga. Namun performa yang kini berhasil ditunjukan klub asal Madrid itu membuat target awal itu berubah.

Getafe berhasil menduduki peringkat kesembilan dan hanya berselisih lima poin dari tim yang menduduki peringkat keenam, Real Sociedad, yang merupakan peringkat terakhir untuk dapat bermain di Eropa. Hal ini adalah prestasi tersendiri dari Luis Garcia yang berhasil membuat Getafe dapat bersaing dengan klub papan atas Spanyol.

Tiga kemenangan dari empat pertandingan terakhir adalah bukti bahwa Getafe tidak dapat dipandang sebelah mata oleh tim manapun. Namun Luis Garcia berpendapat bahwa keberhasilan ini tidak boleh membuat tim besar kepala dan tetap fokus untuk dapat menambah poin demi poin untuk mengetahui seberapa besar kemampuan tim yang sebenarnya.

"Kitqa harus menambah poin untuk menjamin kelangsungan hidup di La Liga. Setelah itu jika kami dapat terus menanjak di tabel klasemen, maka kekuatan tim yang sesungguhnya baru dapat diketahui untuk dapat bersaing di level yang lebih tinggi lagi," tutur Garcia kepada Football-Espana.

Getafe yang akan menghadapi Real Zaragoza pada Sabtu (2/3) dini hari WIB, kini hanya ingin fokus untuk dapat kembali memenangkan pertandingan untuk kembali melanjutkan tren positif yang berhasil diraih sejauh ini.

"Tujuan kami adalah untuk terus menambah poin, terutama pada laga menghadapi Zaragoza. Mereka memiliki permainan yang intens, agresif dang tangguh. Meskipun penampilan mereka kini tengah menurun, namun dengan menahan imbang Valencia pada pertandingan mereka terakhir, itu adalah isyarat bagi kami untuk berhati-hari menghadapi mereka. Saya juga pernah berjanji bahwa bilakami berhasil menang atas Mallorca dan Zaragoza, maka saya akan memberikan libur kepada para pemain hingga Selasa (5/3), dan saya sangat berharap agar kami bisa memberikan itu kepada mereka," lanjut Garcia.