Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tantangan Metro Tiger di LPI 2013

By Oka Akhsan M. - Kamis, 28 Februari 2013 | 15:29 WIB
Bambang Sutjipto, yakin Persija LPI bisa melewati krisi keuangan. (Rizal Syahisa/Bolanews)

Salah satu tim yang dilanda dualisme, Persija LPI, tetap berkomitmen tampil sebagai peserta LPI 2013 kendati menghadapi berbagai tantangan.

Pada partai pertama LPI 2013, tim berjuluk Metro Tiger itu sudah mengalami kekalahan dengan skor besar. Bagaimana sebenarnya keadaan Persija LPI pada awal musim ini? Apa saja yang menjadi tantangan saat melakoni LPI 2013?

Berikut petikan wawancara Aning Jati dari BOLA dengan Bambang Sutjipto, Direktur Umum PT Persija Jaya sekaligus CEO Persija LPI, pada Senin-Selasa (25-26/2) di Jakarta.

Di partai pertama, Persija LPI kalah 0-5 dari Persijap. Apa yang sebenarnya terjadi?

Dalam pertandingan itu kami mengakui kalah segalanya dari tuan rumah. Kami menurunkan skuad dengan materi pemain 80% berusia di bawah 23 tahun yang minim pengalaman.

H-1 sebelum pertandingan lima pemain pilar memutuskan tak bergabung. Mereka menolak kebijakan pemangkasan gaji. Pemangkasan itu mencapai 50%. Langkah itu terpaksa kami ambil mengingat keuangan klub yang tidak bagus karena minimnya pemasukan.

Lantas bagai­mana cara membiayai Persija LPI untuk musim ini?

Tanpa konsorsium yang sudah bubar, kami harus bekerja lebih keras lagi untuk menggali sumber pemasukan. Apalagi hingga kini belum ada revenue sharing atau subsidi dari PT LPIS.

Sekarang kami masih bernegosiasi dengan calon sponsor. Semoga deal. Sementara ini pengurus patungan untuk mencukupi kebutuhan tim sampai ada sumber dana lain. Kami juga banyak dibantu pihak Mabes TNI AU, yang memberikan fasilitas berupa tempat latihan serta mes pemain dengan gratis. Hal itu bisa menekan anggaran pengeluaran.

Dengan kondisi seperti ini, kami tak mau bicara soal target juara karena terlalu muluk. Yang penting sekarang bagaimana tim bisa bertanding sesuai jadwal.