Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Suarez, Orang Pertama yang Dua Kali Cetak Hattrick

By Syamsul Arif - Minggu, 3 Maret 2013 | 13:21 WIB
Luis Suarez (John Powell/Liverpool FC via Getty Images)

0, Minggu (3/3) dini hari WIB, di DW Stadium. Luis Suarez menjadi bintang pertandingan karena menorehkan tiga gol di laga itu. Catatan itu pun sekaligus menjadikan Suarez menjadi pemain pertama yang dua kali mencetak hattrick di Premier League 2012/13.

Liverpool dijamu Wigan Athletic dalam lanjutan Premier League 2012/13 pekan ke-28. The Reds membuka pesta golnya lewat gol Stewart Downing pada menit ke-2. Selanjutnya, Luis Suarez memborong tiga gol Liverpool pada menit ke-18,34, dan 49 sekaligus memastikan kemenangan 4-0 tim tamu atas tim tuan rumah.

Ternyata, keberhasilan Suarez mencetak hattrick di pertandingan itu bukan yang pertama kali ia lakukan di kompetisi Premier League 2012/13. Mantan pemain Ajax Amsterdam ini tercatat telah melakukan hattrick pertamanya di musim ini ketika membantu Liverpool meraih kemenangan perdana di liga ketika melawan Norwich City, 29 September 2012 dengan skor 5-2. Hebatnya lagi, dua hattrick pemain asal Uruguay dicetak tanpa melalui eksekusi tendangan penalti.

Luis Suarez pun berhasil menjadi pemain pertama di Premier League 2012/13 yang berhasil mencetak dua hattrick. Torehan Suarez ini masih dapt disamai oleh beberapa pemain yang telah mencetak satu hattrick di Premier League, seperti Robin van Persie (United vs Southampton), Jordi Gomez (Wigan vs Reading), Santi Cazorla (Arsenal vs Reading), Gareth Bale (Tottenham vs Aston Villa), Theo Walcott (Arsenal vs Newcastle), dan Shinji Kagawa (United vs Norwich). Namun, catatan dua kali hattrick Suarez yang dicetak tanpa satu pun dari tendangan penalti sepertinya akan sulit disamai oleh nama-nama di atas.