Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Adrian Sutil Resmi Jadi Pebalap Kedua Force India

By Tulus Muliawan - Minggu, 3 Maret 2013 | 23:10 WIB
Adrian Sutil (Andrew Hone/Getty Images)

Penantian publik selama ini tentang siapa yang akan menjadi pebalap kedua Force India akhirnya terjawab sudah. Tim yang berbasis di Silverstone, Inggris, itu akhirnya menunjuk Adrian Sutil untuk menemani Paul di Resta mengarungi musim 2013.

Pebalap asal Jerman itu kembali mendampingi di Resta usai mengalahkan pebalap cadangan, Jules Bianchi, dalam sebuah proses seleksi. Ini merupakan musim kembalinya Sutil berlaga di Formula 1 setelah absen akibat terlibat kasus perselisihan di sebuah klub malam di Cina pada 2011 lalu.

Ketika disinggung soal kasus tersebut, pebalap berusia 30 tahun itu menyatakan bahwa ia hanyalah manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan. Menurutnya itu adalah bagian dari perjalanan hidupnya.

"Kesalahan saya itu mungkin berbeda dan sangat menyita perhatian publik. Kesalahan orang lain bahkan ada yang lebih buruk, tetapi tidak ada seorangpun yang mengungkitnya," ujar Sutil seperti dikutip Fox Sport.

Sutil merasa senang karena timnya kembali memberinya kesempatan. Menurutnya, Force India telah berlaku bijak karena telah memberinya kesempatan kedua untuk kembali tampil di F1.

"Setiap kali seseorang melakukan sesuatu yang salah saya selalu memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan bahwa mereka masih orang yang baik. Saya akan memberi mereka kesempatan kedua. Ini mirip dengan kasus saya. Tentu saja ini adalah bisnis yang sulit, tapi tidak ada yang sempurna dan itulah sebabnya hidup adalah sebuah petualangan," ungkap Sutil.