Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Montella Ungkap Alasan Ubah Taktik Fiorentina

By Okie Prabhowo - Senin, 4 Maret 2013 | 02:35 WIB
Vincenzo Montella (Getty Images)

1 pada pekan ke-27 Serie A di Stadio Artemio Franchi, Minggu (3/3) WIB. Usai laga pelatih Viola, Vincenzo Montella, mengungkapkan alasannya mengubah taktik dalam pertandingan tersebut.

Fiorentina unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan lima menitmelalui tendangan bebas yang dilakukan Manuel Pasqual. Lalu Chievo dapat menyamakan kedudukan skor 1-1 melalui gol dari Isaac Cofie (38'). Gol kemenangan Viola diciptakan Marcelo Larrondo (78').

Dalam laga ini Vincenzo Montella memulainya dengan formasi 4-3-3 dengan lini depan yang dihuni Luca Toni, Adem Ljajic, dan Stevan Jovetic. Lalu Montella melakukan perubahan dengan memasukkan Larrondo menggantikan Jovetic pada menit ke-64. Alhasil Larrondo berhasil membuat gol 14 menit kemudian.

"Saya melihat pemain dengan karakteristik yang berbeda dan tidak bekerja hanya untuk menghasilkan gol tetapi juga dalam menekan pertahanan lawan," ujar Montella kepada Football Italia.

"Ini adalah perubahan taktik yang bisa saja terjadi. Bahkan bila perlu mengganti pemain berbakat seperti yang dari Montenegro (Jovetic). Kami menciptakan peluang dan tendangan Luca Toni membentur mistar gawang. Meski Chievo membuat kami kewalahan hari ini."

"Kami direpotkan dengan serangan balik mereka pada babak pertama tetapi jelas kami berjuang dengan tempo permainan. Saya membuat beberapa perubahan dan tingkat intensitas kami meningkat."

"Tim saya mencari kemenangan dengan tekad dan layak mendapatkan poin. Kami lebih praktis dibanding pertandingan lain," kata Montella.