Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hancurkan Barnsley 5-0, City ke Semifinal Piala FA

By Verdi Hendrawan - Minggu, 10 Maret 2013 | 03:16 WIB
Para pemain Manchester City rayakan hattrick Carlos Tevez. (Alex Livesey/Getty Images)

0. City tampil begitu perkasa dan terlalu mendominasi jalannya pertandingan.

Sejak menit pertama pertandingan dimulai, Manchester City langsung menggebark pertahana Barnsley, sementara Barnsley juga melakukan tekanan, namun masih bisa dibendung pemain tengah dan belakang Citizen yang membuat kiper City, Costel Pantilimon tidag bekerja keras pada pertandingan itu.

Manchester City berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-11 melalui Carlos Tevez dengan memanfaatkan bola muntah hasil sepakan David Silva yang masih dapat ditepis Luke Steele. Bola hasil tepisan itu membentur tiang gawang dan mendarat tepat dihadapan kaki Tevez dan dengan mudah penyerang asal Argentina itu menceploskan bola.

Gol kedua City berhasil lahir pada menit ke-27 melalui sepakan keras Aleksandar Kolarov yang menerima umpan mendatar dari Tevez yang langsung ia sambar dengan keras dan tidak dapat dijangkau oleh Steele. Keunggulan 2-0 tidak membuat pemain Citizen mengendurkan serangannya. Hal ini mengakibatkab pada menit ke-31, lagi-lagi Tevez berhasil mencetak gol berkat umpan dari Silva. Tevez berhasil mencari celah di pertahanan Barnsley untuk melakukan tendangan ke arah gawang.

Barnsley hanya tampak berusaha untuk melakukan serangan secara seadanya, namun karena perbedaan kualitas dari kedua tim yang membuat semua itu menjadi sia-sia. Keungulan 3-0 untuk Manchester City bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, kedua tim bermain tidak jauh berbeda dari babak pertama. Manchester City tetap menguasai jalannya pertandingan dan berhasil mencetak gol cepat. Sedangkan Barnsley gagal melakukan serangan dengan baik dan selalu kendas di kaki pemain bertahan Citizen yang bermain cukup solid sepanjang pertandingan.

Gol keempat City lahir pada menit ke-50 melalui kaki Carlos Tevez. Ia berhasil memanfaatkan umpan datar dari Samir Nasri dan berhasil meneruskannya ketiaang jauh gawang dari Steele.

Tak lama berselang setelah Tevez berhasil mencetak hattrick-nya, pada menit ke-65, giliran David Silva untuk mencetak gol. Ia berhasil memanfaatkan umpan Tevez dan dengan mudah menaklukan Steele di depan gawangnya dengan sontekan kecilnya.

Keunggulan 5-0 membuat para pemain Manchester City tidak terlalu menggebu-gebu untuk kembali mencetak gol, dan hanya mencoba untuk mencetaknya dari tendangan jarak jauh. Sedangkan Barnsley yang juga banyak melakukan serangan, selalu dapat diamankan oleh pemain bertahan Citizen. Keunggulan 5-0 ini bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan demikian, City berhasil melangkah ke babak semifinal untuk menantang lawan berikutnya yang berhasil lolos.