Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah 1-2, Persija Kembali ke Dasar Klasemen

By Kukuh Wahyudi - Minggu, 10 Maret 2013 | 16:46 WIB
Indonesia Super League

2 dari tim besutan Didik Ludianto.

Tuan rumah Persija tertinggal lebih dulu dari Persela. Gol dicetak oleh Samsul Arif pada menit ke-4. Samsul berhasil menyambut umpan matang Gustavo Lopez dengan tandukan kepalanya.

Lima menit berselang, Persija bisa menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Pedro Javier. Tim berjuluk Macan Kemayoran mendapatkan penalti akibat Robertino Pugliara dilanggar oleh Roman Golian di dalam kotak terlarang.

Hingga waktu turun minum tiba, skor 1-1 tidak berubah. Kedua tim tidak dapat mencetak tambahan gol.

Memasuki babak kedua, Persija mendapatkan peluang saat aksi Robertino tidak bisa dihentikan oleh pemain bertahan Persela. Akan tetapi ujung dari aksi tersebut belum bisa menciptakan gol. Tendangan gelandang asal Argentina tersebut masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang Persela, Choirul Huda.

Malapetaka nyaris datang ke kubu Persija pada menit ke-80. Beruntung sepakan Mario Costas kurang sempurna sehingga masih mudah diantisipasi oleh Galih Sudaryono.

Malapetaka sesungguhnya datang dipenghujung laga. Tendangan keras Samsul Arif menghujam deras ke gawang Galih pada menit ke-93. Skor menjadi 2-1 untuk Persela.

Hasil tersebut membuat Persija kembali terjerembab ke dasar klasemen sementara ISL 2012/13, setelah sebelumnya sempat berada di posisi 17. Sementara bagi Persela, tambahan tiga poin membuat tim berjuluk Laskar Joko Tingkir meloncat ke peringkat tujuh dengan 13 poin.