Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Sukses Pertahankan Gelar

By Tulus Muliawan - Senin, 11 Maret 2013 | 00:13 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (AFP)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil mempertahankan gelar juara All England yang diraihnya pada 2012 lalu. Pada partai final yang digelar Minggu (10/3) malam WIB, Tontowi/Liliyana menundukkan Zhang Nan/Zhao Yunlei dari Cina.

Tontowi/Liliyana sempat tertinggal di awal pertandingan. Namun, mereka berhasil mengejar ketertinggalan menjadi 4-4. Mereka terus memimpin dan menutup interval pertama dengan 11-7. Pasangan peringkat dua dunia tersebut berhasil menutup set pertama dengan 21-13.

Tontowi/Liliyana melanjutkan dominasinya pada set kedua. Meski pertarungan mulai sengit, juara Macau Terbuka 2012 itu tak terlihat gentar sedikit pun. Berulang kali keduanya terlibat rally, tapi Tontowi berhasil mengakhirinya dengan smash tajam yang selalu gagal dikembalikan pasangan Cina.

Tontowi/Liliyana memastikan gelar setelah pukulan Tontowi gagal dikembalikan Zhao Yunlei. Tontowi/Liliyana menutup set kedua dengan 21-17, sekaligus mempertahankan gelar yang berahil diraihnya tahun lalu.

"Kami sangat senang karena kami bisa main bagus malam ini. Terimakasih Tuhan, terima kasih untuk seluruh keluarga, semua suporter yang telah mendukung kami, dan juga untuk semua teman-teman," ungkap Liliyana saat diwawancarai ofisial All England.

Prestasi yang diraih Tontowi/Liliyana merupakan sejarah baru dalam perjalanan Indonesia di All England, di mana Indonesia berhasil meraih dua gelar berturut-turut dari nomor ganda campuran.