Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Satgas Menpora Coba Perlancar Jalan Menuju Kongres

By Frengky Aruan - Rabu, 13 Maret 2013 | 12:31 WIB

Pelaksanaan Kongres yang tinggal menghitung hari, direspon oleh Satgas unsur Pelaksana bentukan Kemenpora. Menurut Ketua Satgas unsur Pelaksana, Faisal Abdullah pihaknya akan mengadakan pertemuan untuk membahas pelaksanaan Kongres pada 17 Maret.

Faisal menambahkan pertemuan itu akan dihadiri oleh seluruh anggota Satgas Pelaksana Kongres. Dalam pengumuman sebelumnya, Menpora, Roy Suryo sendiri menyebut bahwa Satgas unsur Pelaksana diisi oleh nama-nama seperti Victor Emanuel sebagai sekretaris, Ganjar Laksamana Bonaparta, Ferril Raymond Hattu.

Selain itu, Faisal menjelaskan bahwa pihaknya akan turut mengundang Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, Wakil Ketua Umum PSSI, Farid Rahman, Sekjen PSSI Hadiyandra dan seluruh anggota Komite Eksekutif PSSI.

"Rapatnya akan dilakukan pukul 19.30. Kami harap semua datang, karena kami mau melihat sejauh mana keseriusan PSSI menggelar Kongres pada 17 Maret. Kemungkian Menpora akan datang, hanya belum dapat dipastikan," kata Faisal, Rabu (13/3).

Faisal menganggap bahwa pertemuan itu sangat penting dilakukan mengingat juga masih ada masalah dalam rangka penyelenggaraan Kongres. Salah satunya yakni mengenai peserta kongres.

"Soal voter, itu urusan PSSI. Makanya nanti kami sekaligus mau membahas dan mendengar kesiapannya, kendala dan lain-lain," jelas Faisal.

Sampai saat ini, peserta Kongres sendiri menjadi permasalahan. Ketua tim verifikasi, Agus Yasmin, menyebut bahwa proses verifikasi belum tuntas. Ia menjelaskan bahwa pihaknya baru mensahkan 79 peserta, sementara 21 sisanya diserahkan ke dalam rapat Komite Eksekutif (Komek) PSSI.

Hal ini berbeda dengan apa yang disampaikan oleh anggota tim verifikasi, Sefdin Syaifudin. Ia sebelumnya menyatakan bahwa proses verifikasi telah selesai, menyusul adanya keputusan dari Djohar dan anggota Komek, La Nyalla M. Mattalitti yang mensahkan 21 peserta.