Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Anthony Singkirkan Unggulan Kesembilan di Brunei

By Oka Akhsan M. - Kamis, 14 Maret 2013 | 00:30 WIB
Anthony Susanto, berharap kejutan lanjutan. (Dwi Ari Setyadi/Bolanews)

5 6-1.

Jagoan Merah Putih yang menempati unggulan kedua, Nuradim Ramdani juga masih melaju di turnamen berkategori Grade 4 ini. Demikian pula unggulan ketiga, Armando Soemarno. Di babak ketiga (Kamis, 14 Maret), Nuradim akan meladeni unggulan ke-15 asal Jepang, Keita Tanaka. Armando nebghadapi unggulan ke-13 dari Thailand, Nawakarn Khunjan. Sedangkan Anthony menantang unggulan kedelapan, Han Yu Chen (Taiwan) dan Tio Juliandi Hutahuruk menjajal kedigdayaan unggulan teratas, Sagadat Ayap dari Kazakhstan.

Di bagian putri, tiga petenis Indonesia masih melaju hingga babak ketiga turnamen yang berlangsung di Pusat Tenis Nasional, Stadion Hasanal Bolkiah di Jalan Berakas Brunei itu. Setia Indri Harti (unggulan ke-11) mengalahkan petenis Malaysia, Yus Yusri 6-1 6-3 dan akan menantang unggulan keenam asal Hong Kong, Claire Spackman.

Unggulan kedelapan, Rifanty Kahfiani menaklukkan Riyo Tomita (Hong Kong) 6-1 6-4 dan akan menjajal unggulan ke-12 dari Jepang, Sayaka Sakimura. Sedangkan non unggulan, Faiza Munabari setelah menjungkalkan unggulan ke-15 asal Singapura Angela Lim 6-4 6-1 akan menghadapi unggulan keempat asal Myanmar, Nilar Win.

Deria Nurhaliza juga lolos ke babak ketiga turnamen Cina Junior 3 di Chengdu. Pada turnamen Grade 4 ini, Deria yang minggu lalu memenangi Seleksi Nasional KU 16 itu mengalahkan petenis tuan rumah, Lijia Huang 6-0 7-5. Kamis (14/3), unggulan kesepuluh itu kembali menjajal jago tuan rumah yang menempati unggulan keenam, Jia Qi Kang. Sayangnya, sukses Deria tak diikuti satu-satunya petenis Indonesia yang berlaga di bagian putra. Hendrawan Susanto harus mengakui keunggulan jagoan Rusia, Konstantin Sthizhkov (8) 1-6 6-7(2) di babak kedua.

Kegalan juga menghampiri petenis Indonesia yang berlaga di turnamen junior berkategori lebih tinggi, Grade 1. Vita Taher terhenti di babak kedua Chief Minister Cup di Sarawak, Malaysia. Vita yang mendapatkan fasilitas wild card dikalahkan unggulan kedua asal Turki, Ipek Soylu 2-6 3-6. Sementara Efriliya Herlina yang lolos babak utama melalui babak kualifikasi sudah tersingkir di partai pembuka dari petenis Cina, Fan Ying Xun 1-6 1-6. Wakil Merah Putih lainnya, Tami Grende bahkan telah tersingkir di babak pertama kualifikasi.