Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bintang-Bintang Eropa Dan Brasil Berbaur Di Italia

By Caesar Sardi - Jumat, 15 Maret 2013 | 19:00 WIB
Socrates. (Dok. Tabloid BOLA)

85.

Berkat pengeluaran sebesar Rp 20 milyar oleh klub-klub divisi satu, setiap Minggu petang mulai 16 September mendatang, para pecandu bola akan menyaksikan pemain-pemain bintang memperkuat klub-klub kaya di tanah Italia.

Sebelum Federasi Sepakbola Italia memberlakukan larangan atas transfer pemain-pemain asing selama dua tahun, klub-klub negeri itu cepat-cepat berlomba membeli para bintang lapangan hijau seperti Diego Maradona, Socrates, Karl Heinz Rummenigge, Graeme Souness, Junior, dan Ray Wilkins.

Pendatang-pendatang baru ini akan membuat Italia semakin semarak bersama bintang-bintang pendahulunya, seperti kapten Prancis Michel Platini, Paulo Roberto Falcao, Zico dan Liam Brady.

Larangan yang dikeluarkan Federasi, yang berlaku sejak akhir Juni lalu, dimaksudkan untuk memungkinkan tim nasional Italia sedikit tenang dalam mempersiapkan dirinya menghadapi Piala Dunia 1986 mendatang tanpa gangguan.

Tiap klub dari 16 buah yang menjadi anggota Divisi Satu Italia diberi kebebasan untuk mentransfer dua pemain asing ke dalam klubnya masing-masing untuk menghidupkan para pemain Italia sendiri yang sudah tercantum di daftar.

Maradona, yang dikontrak Napoli dengan rekor harga termahal di dunia Rp 7,5 milyar, harus menunggu sampai Januari untuk memperoleh peluangnya membalas dendam kepada bek nasional Italia, Claudio Gentile, yang menggagalkan impian Argentina di Piala Dunia dua tahun lalu.

Gentile, yang pindah ke Fiorentina setelah 11 musim kompetisi bersama Juventus, tentu saja mengundang pujian karena berhasil menggagalkan Maradona mencetak gol ketika Italia menyingkirkan Argentina dari arena dengan kemenangan 2-1 pada 1982.

Souness, yang menjadi kapten klub juara dari Inggris, Liverpool, ke Piala Eropa dengan kemenangan atas Roma bulan Mei, kembali ke Stadion Olimpiade Roma sebagai pemain Sampdoria yang bermukim di Genoa.

Kapten kesebelasan Brasil, Socrates, yang dibeli oleh klub Fiorentina seharga Rp 2,7 milyar pada bulan Mei, akan berhadapan dengan bekas rekan seregunya di Piala Dunia, Falcao dan Toninho Cerezo, pada bulan November di Roma; dan dengan Junior di Torino bulan Januari serta Zico di Udinese, dua hari sebelum hari Natal.

Pemain yang baru dikontrak oleh Inter Milan seharga Rp 4,4 milyar, bekas kapten tim nasional Jerman Barat dan penyandang gelar Pemain Terbaik Eropa dua kali, Rummenigge, akan berada dalam satu barisan dengan rekan senegaranya, Hansi Mueller, Oktober mendatang.

Mueller, 26, telah ditransfer bebas selama setahun oleh Inter ke klub Como yang baru dipromosikan. Inter juga telah mengontrak pemain asal Irtandia, Liam Brady, dari klub Sampdoria.

Inter akan ikut pula meramaikan perebutan UEFA Cup, sementara Roma berusaha mengikuti Cup Winners Cup dan juara bertahan Italia Juventus mengincar Champions Cup.

Juventus, favorit untuk menjuarai lagi Kejuaraan Italia, mengandalkan kekuatan kesebelasannya kepada dua pemain asingnya, Zbigniew Boniek dan Platini, pencetak gol terbanyak dalam Liga Italia untuk dua musim pertandingan ini.

AC Milan, yang kurang beruntung sejak dua kali menang di Piala Eropa dan Cup Winners Cup pada 1960 dan 1970-an, telah mempercayakan untuk meraih kembali kejayaannya pada dua pemain asal Inggris, gelandang Wilkins dan striker berusia 22 tahun Mark Hateley, dengan menandatangani kontrak seharga Rp 2,9 milyar.

(Penulis: Hikmat Kusumaningrat, Tabloid BOLA edisi no. 26, Jumat 24 Agustus 1984)