Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Kesulitan Lawan Tim yang Hanya Bertahan

By Syamsul Arif - Senin, 18 Maret 2013 | 16:58 WIB
Lionel Messi (LLUIS GENE/AFP/Getty Images)

Superstar Barcelona, Lionel Messi, mengakui bahwa pada masa lalu Los Azulgrana mengalami kesulitan ketika menghadapi lawan yang hanya bertahan pada pertandingan melawan timnya. Namun, Messi menyatakan sekarang Barcelona telah memiliki strategi alternatif ketika menghadapi lawan yang seperti itu.

Barcelona telah mendapat kritik dari beberapa pihak mengenai filosofi permainan mereka yang selalu mengutamakan ball possesion. Strategi itu telah membuat para lawan Los Azulgrana hanya menunggu di garis belakang dan fokus untuk bertahan dengan baik.

Penyerang Barcelona, Lionel Messi pun mengakui bahwa strategi bertahan total yang diterapkan para lawan timnya itu telah membuat La Blaugrana mengalami kesulitan pada masa lalu. Namun, ia menyatakan sekarang Los Azulgrana telah memiliki penangkal strategi para lawannya itu.

"Pada masa lalu, tim yang hanya menunggu di belakang dan bertahan telah membawa masalah dan memukul kami," kata Messi kepada TyC.

"Bahkan pada beberapa waktu, kami harus membayar mahal ketika menghadapi strategi itu, karena tim tidak memiliki strategi alternatif. Kita dapat melihat laga melawan Chelsea pada 2011/12 dan Internazionale era Jose Mourinho. Kemudian pada musim ini ada AC Milan dan Real Madrid yang bermain dengan cara yang sama."

"Namun, sekarang kami telah memiliki strategi alternatif untuk melawan strategi bertahan total yang diterapkan setiap lawan."