Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Maradona Belum Cetak Gol

By Caesar Sardi - Rabu, 20 Maret 2013 | 12:00 WIB

1 oleh Verona di kandang lawan.

Maradona sendiri hanya sekali memperoleh peluang bagus, yakni di babak kedua ketika tembakan kerasnya membenturkan bola ke mistar. Satu-satunya gol Napoli dibuat oleh Daniel Bertoni, pemain sayap Argentina dalam Piala Dunia 78, sementara salah satu dari tiga gol Verona dicetak oleh Hans Peter Briegel, pemain internasional Jerman Barat.

Tapi juara bertahan Juventus dalam kompetisi yang kini dinilai paling mahal dan gemerlapan karena banyaknya bintang-bintang impor itu, juga tidak cemerlang. Michel Platini dan kawan-kawannya berjuang keras sebelum dengan lega mengakhiri pertandingan
0-0 melawan klub yang baru naik dari divisi II, Como.

Di Inggris, bekas juara Eropa Nottingham Forest merebut lagi kedudukan teratas setelah mengalahkan Luton 3-1. Forest memimpin klasemen dengan keunggulan dua angka dari tujuh klub lain yang sama-sama mengumpulkan 10 angka.

Peter Davenport, pencetak salah satu dari tiga gol Forest, sekaligus menjadi pimpinan top scorer dengan 6 gol, di atas Mark Falco (Hotspur), Gary Lineker (Leicester), dan Gary Thompson (West Bromwich) yang sama-sama mencetak 5 gol.

Di Belanda, juara bertahan Feyenoord menang 4-1 atas Haarlem di kandang sendiri. Tapi pimpinan klasemen tetap di tangan Ajax yang masih tetap tampil 100% ketika pada hari yang sama menundukkan Alkmar 2-1. FC Groningen, masih tanpa Fandi Ahmad, juga menang lagi, kali ini 4-2 atas Twente Enschede.

Di Spanyol kompetisi masih diboikot para pemain pro yang menuntut perbaikan upah, tapi enam klub tampil dengan seluruh pemain intinya dalam kejuaraan Eropa. "Kami tidak mau mengecewakan penggemar untuk tingkat demikian," kata salah seorang pimpinan klub.

(Penulis: Sumohadi Marsis, Tabloid BOLA edisi no. 30, Jumat 21 September 1984)