Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Maradona Cetak Gol, Hateley Dan Wilkins Kabur

By Caesar Sardi - Rabu, 20 Maret 2013 | 17:00 WIB

85 minggu lalu itu, Sampdoria.

Bertanding di kandang sendiri, Napoli yang minggu sebelumnya dikalahkan Verona 3-1, membuka skor melalui tendangan penalti Maradona. Tapi hanya lima menit kemudian disamakan oleh Sampdoria yang dimotori bekas kapten Liverpool, Graeme Souness.

Dalam pertandingan lain, juara bertahan Juventus menang telak 5-1 atas Atlanta yang baru naik dari divisi II dengan dua gol di antaranya dari kaki Michel Platini. Udinese, dimotori Zico, juga menang telak 5-0 atas Lazio. Tapi Fiorentina yang kini diperkuat Socrates hanya bisa bermain seri tanpa gol melawan AC Milan, sementara Karl Heinz Rummenigge meski belum fit betul, tapi cukup membantu Inter Milan menang 2-1 atas Avelino.

Italia yang kini benar-benar dibanjiri pemain asing kenamaan. Minggu lalu sempat juga geger ketika dua pemain asal Inggris, Mark Hatelay dan Ray Wilkins, nyaris kabur. Gara-garanya, mereka merasa disepelekan dengan hanya diberi tempat tinggal di hotel. Padahal, mereka melihat fotonya di koran-koran, Rummenigge dengan nyamannya menikmati rumah mewah di tepi danau.

Tapi ketua klub mereka, AC Milan, segera mengambil tindakan. Dua mobil Mercedes diserahkan untuk menggantikan taksi mereka. Rumah mewah yang sedang dalam perbaikan pun dipercepat penyelesaiannya. Hasilnya: A C Milan, menahan 0-0 Socrates ca itulah.

Di Jerman Barat, bekas klub Rummenigge, Bayern Muenchen, ternyata tetap berjaya. Minggu lalu mereka mencetak kemenangan keenam dengan menundukkan FC Koeln 2-0. Pembuka skor tak lain adalah adik Rummenigge juga, Michael. Sementara satu gol lainnya dibuat oleh Roland Wohlfarth. Dalam pertandingan lain pemain asal Korea Selatan, Cha Bum Keun, mencetak gol kemenangan bagi Bayer Leverkusen untuk unggul 3-2 atas Borussia Monchengladbach.

Di Spanyol, setelah istirahat dua minggu akibat pemogokan, kompetisi dimulai lagi dengan hanya Barcelona dan Sevilla mampu tetap memetik hasil 100% dari tiga pertandingan. Yakni ketika Barcelona menang 1-0 atas klub sekota Espanol dan Sevilla mengalahkan Real Madrid juga 1-0.

Di Prancis, juara bertahan Bordeaux memperkuat kepemimpinannya setelah mengalahkan Marseille 4-1. Nantes membayangi setelah menang 2-1 atas Auxerre, tapi kejutan dibuat Paris St Germain dengan mengalahkan Bastia 7-1 untuk melonjak tiga anak tangga dari kedudukan terbawah.

Di Belanda, PSV Eindhoven semakin jadi favorit untuk merebut gelar setelah menggulung Volendam 5-0, sementara Feyenoord menggasak Pec Zwolle 5-1. FC Groningen, masih tanpa Fandi Ahmad, juga menikmati kemenangan, kali ini 3-0 atas MVV.

Di Inggris, pertarungan dua raksasa, juara bertahan Liverpool dan favorit Manchester United, berakhir sama kuat 1-1. Arsenal mencetak kemenangan besar 4-0 atas Stoke City. Tottenham Hotspur menang 1-0 atas Aston Villa berkat gol tunggal pemain Nigeria, John Chiedozie. Tapi Mark Falco tetap menduduki urutan teratas top scorer dengan 7 gol.

(Penulis: Sumohadi Marsis, Tabloid BOLA edisi no. 31, Jumat 28 September 1984)