Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Sudah Difokuskan Melawan Arab Saudi

By Frengky Aruan - Rabu, 20 Maret 2013 | 10:46 WIB

Pelatih sementara tim nasional Indonesia, Rahmad Darmawan, mulai menfokuskan timnas untuk laga melawan Arab Saudi di babak Kualifikasi Piala Asia 2015, 23 Maret. Dalam sesi latihan pagi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (20/3), pelatih Arema Indonesia bersama Jacksen F. Tiago, memberi materi latihan berupa simulasi melawan Arab.

"Sudah kita lakukan dengan variatif membangun serangan. Kita juga menekankan kepada pemain untuk tanggung jawab pada bola. Mereka harus mampu menguasai bola, melakukan pergerakan tanpa bola, dan berusaha menjaga bola selama mungkin," jelas RD seusai memimpin sesi latihan timnas.

Simulasi itu dilakukan dengan membagi 28 pemain ke dalam dua kelompok. Satu kelompok diisntruksikan melakukan cara bermain seperti Arab Saudi. RD berharap dengan ada simulasi itu para pemain mengerti. Berdasarkan pengamatan sejauh ini, Arab Saudi punya pola permainan yang bagus dengan kombinasi menyerang beragam.

"Sayap mereka juga sangat bagus. Kombinasi permainan lini tengahnya pun  demikian. Mereka juga selalu menggunakan umpan-umpan tajam," jelas RD.

RD menambahkan bahwa selanjutnya tim pelatih akan memberi materi taktik bermain. Itu juga akan dilakukan dalam sesi latihan yang akan digelar, sore hari.

"Ada game taktik, ada game session," jelas RD.