Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

David de Gea Telah Banyak Berubah di Manchester

By Syamsul Arif - Rabu, 20 Maret 2013 | 17:57 WIB
David de Gea (Angel Martinez/Getty Images)

Penjaga gawang Manchester United, David de Gea, menyatakan bahwa ia telah menjadi pria dan pemain sepak bola yang lebih dewasa sejak hengkang ke United pada awal musim 2011/12.

David de Gea hijrah dari Atletico Madrid ke Manchester United pada awal musim 2011/12 dengan transfer senilai 17 juta Euro. Ia diproyeksikan sebagai suksesor Edwin van der Sar, yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2010/11.

Namun, musim perdana penjaga gawang berusia 22 tahun ini di Old Trafford tidak berjalan dengan baik. De Gea mendapat berbagai kritikan dari berbagai pihak atas kesalahan-kesalahan yang sering dilakukannya pada musim 2011/12. Akibat ketidakkonsistenannya itu, posisi penjaga gawang utama United pun lebih sering dipercayakan kepada Anders Lindegaard.

Pada musim 2012/13, David de Gea pun berhasil mematahkan semua kritik yang tertuju kepadanya. hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya menjaga gawang United tidak kebobolan di tujuh laga Premier League dari 14 laga di mana ia dimainkan. Pemain yang baru saja mendapat panggilan perdana ke timnas Spanyol ini pun telah tidak kebobolan selama 537 menit di liga.

De Gea pun menyatakan bahwa ia telah menjadi pria dan pemain sepak bola yang dewasa.

"Di Manchester, saya telah banyak berubah. Saya menghabiskan dua tahun di budaya sepak bola mereka dan itu telah mengubah saya," kata De Gea kepada Soccerway.

"Saya lebih dewasa sebagai pria dan pemain. Saya adalah orang yang sangat berbeda dibandingkan ketika pertama kali datang ke Inggris."