Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Sepakat Pakai Formasi 4-4-2

By Kukuh Wahyudi - Kamis, 21 Maret 2013 | 16:34 WIB
Boaz Solossa ditunggu kolaborasinya bersama pemain naturalisasi (Arief Bagus/Bolanews)

Jacksen Tiago berjanji Tim Merah-Putih tak akan ragu untuk tampil menyerang.

Beberapa variasi formasi sudah disiapkan untuk dimainkan saat menjamu Arab Saudi pada Kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/3).

"Kami sudah berbicara dan sepakat soal formasi yang akan disiapkan," kata Rahmad Darmawan.

Atas dasar pemahaman yang biasa dipakai, maka formasi 4-4-2 bakal dipakai. Sejumlah varian dari formasi itu dicoba dalam simulasi pertandingan.

"Kami tak mau banyak-banyak mencoba formasi. Cukup satu saja. Itu pun tak mudah karena butuh pemahaman dari pemain yang baru berkumpul," ujar Rahmad Darmawan.

Keunggulan

Kombinasi pemain lokal dan naturalisasi sepertinya membuat rasa percaya diri tim terangkat. Maklum, membayangkan kolaborasi pemain naturalisasi seperti Greg Nwokolo dan Sergio van Dijk dengan pemain lokal dengan teknik tinggi macam Boaz Solossa saja sudah membuat rasa penasaran menggumpal.

"Soal taktik, kami akan sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kami tak akan melulu bertahan. Pasti ada waktu  ketika pemain harus melakukan pressing, tidak hanya mengorganisasi pertahanan saja," ucap Rahmad Darmawan.

Sebelum menghadapi Indonesia, Arab Saudi terlebih dulu melakukan pemanasan dengan beruji coba lawan Malaysia (17/3). Arab Saudi menang telak 4-1.

Rahmad Darmawan menilai sejumlah keunggulan dimiliki Arab Saudi. Kombinasi serangan yang beragam menjadi hal yang harus diwaspadai timnas.