Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Michael Owen Pensiun Gara-Gara Tony Pulis

By Oka Akhsan M. - Jumat, 22 Maret 2013 | 10:07 WIB
Michael Owen (Chris Brunskill/Getty Images)

Mantan striker tim nasional Inggris, Michael Owen, mengklaim kurangnya kesempatan tampil di tim utama Stoke City berada di balik pengumuman pensiun dari sepak bola pada akhir musim 2012/13.

Michael Owen mengaku berharap tampil reguler ketika bergabung dengan Stoke pada musim panas. Namun, penyerang berusia 33 tahun itu hanya diberi kesempatan bermain dalam enam pertandingan dan mencetak satu gol di Premier League musim ini.

Owen terpaksa menerima kenyataan kariernya di sepak bola akan segera berakhir. Pemain yang namanya menjulang bersama Liverpool itu akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu ketika musim ini usai.

"Salah jika menyalahkan kondisi fisik. Entah manajer menganggap saya tidak cukup bagus atau kurang cocok dengan sistem permainan tim. Saya jarang bermain dalam beberapa tahun terakhir sehingga peluang untuk bertahan di sepak bola level atas semakin kecil," kata Owen di situs pribadinya.

Meski kecewa, namun Owen tetap menghormati keputusan manajer Tony Pulis, "Mempertimbangkan pensiun merupakan proses yang panjang. Saya telah memikirkannya sejak Natal dan berkesimpulan ini akan menjadi musim terakhir saya sebagai pesepak bola profesional," ujar Owen.

Karier Owen banyak dihantam masalah cedera hamstring. Meski demikian, ia mampu mencetak 40 gol dalam 89 penampilan untuk tim nasional Inggris.