Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RD Harap Timnas Dapat Uji Coba Internasional

By Frengky Aruan - Sabtu, 23 Maret 2013 | 22:34 WIB

2 dari Arab Saudi dalam laga babak Kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3).  Padahal, Indonesia unggul lebih dulu setelah Boaz Solossa mencetak gol cepat pada menit kelima.

Menurut pelatih sementara timnas, Rahmad Darmawan, kekalahan timnas bukan tanpa sebab. Adanya rasa nervous setelah sejumlah pemain lama tak tampil di pertandingan internasional, menjadi penyebabnya.

"Meski mencetak gol, Jujur beberapa pemain mengawali pertandingan dengan kepercayaan diri yang sedikit. Saya melihat ada rasa nervous," kata RD dalam jumpa pers seusai laga.

"Tapi anak-anak bisa mengeleminir, apalagi setelah tinggal 2-1. Anak bermain dengan inisiatif," jelas RD.

Dalam kesempatanya, RD berharap hal itu tak terulang. Mengadakan partai uji coba, dianggapnya cara yang pas untuk mengasah mental bertanding skuad Garuda.

"Saya pikir cuma satu yang harus dilakukan, yaitu uji coba internasional. Pemain sudah absen cukup lama, mereka tidak bermain di pertandingan internasional. Itu pula yang membuat mereka nervous sehingga tidak lepas. Jad I uji coba harus diperbanyak pelatih mendatang," ujar RD