Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kebobolan Dua Gol, Kurnia Meiga Masih Dipuji RD

By Kukuh Wahyudi - Sabtu, 23 Maret 2013 | 22:18 WIB
Boaz Solossa gagal membalas dua gol yang bersarang ke gawang Kurnia Meiga. (Kukuh Wahyudi/Bolanews)

Indonesia harus mengakui keunggulan Arab Saudi pada partai kedua di ajang Pra Piala Asia 2015, Sabtu (23/3). Gawang Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga harus menerima dua gol yang dilesakkan Arab, oleh Yahia Al Shahry dan Yousef Al Salem.

Indonesia sempat unggul pada menit kelima. Namun keunggulan tersebut tidak berlangsung lama, 10 menit berselang gawang Kurnia Meiga ternoda oleh gol Yahia Al Shahry. Meiga tidak mampu mengantisipasi tandukan Shahry setelah ia meneruskan umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Indonesia.

Pada babak kedua, Meiga harus memungut bola kedua kalinya dari gawang. Kali ini Yousef Al Salem yang menjadi malapetaka bagi kiper Arema tersebut. Skenario terjadinya gol sama dengan yang gol pertama. Diawali dari crossing dari sisi kiri dan diakhiri oleh tandukan kepala.

Namun bagi Rahmad Darmawan, pelatih timnas, penampilan kiper 22 tahun tersebut cukup baik, terlepas dari dua gol yang bersarang ke gawangnya.

"penampilan Kurnia Meiga pada pertandingan tadi cukup baik. Ia berhasil beberapa kali mengantisipasi serangan lawan," papar Rahmad Darmawan saat konfrensi pers usai pertandingan, Sabtu (23/3).

RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, juga mengomentari peran Supardi yang berada di sisi kiri pertahanan. Dari sisi tersebutlah awal dua gol Arab tercipta.

Supardi dianggap telah menjalani tugasnya dengan maksimal dalam mengawal pergerakan pemain sayap pasukan Juan Ramon Lopez Caro tersebut. Dua sayap Arab memang menjadi fokus utama RD pada pertandingan.

"Supardi main bagus. Ia bisa meredam pemain sayap kanan Arab. Namun pemain kecolongan saat fullback Arab melakukan
crossing," lanjut Rahmad Darmawan.