Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Laga Inter vs Juventus Bukan Lagi Derby d'Italia

By Andi Yanianto - Kamis, 28 Maret 2013 | 00:49 WIB
Derby d' Italia (Claudio Villa/Getty Images)

Direktur Inter Channel, Roberto Scarpini, menyatakan bahwa laga antara Internazionale melawan Juventus sudah tidak dapat disebut Derby d'Italia. Pasalnya, I Bianconeri pernah merasakan berlaga di Serie B pada musim 2006/07.

Laga Internazionale melawan Juventus telah lama dijuluki Derby d'Italia. Julukan itu didasari karena kedua tim belum pernah terdegradasi dari Serie A dan merasakan berlaga di kompetisi kasta kedua di Italia, Serie B.

Namun, pada musim 2006/07, I Bianconeri harus rela berlaga di Serie B setelah didegradasi dari Serie A karena dinilai sebagai dalang dari skandal Calciopoli yang menerpa sepak bola Italia pad akhir musim 2005/06.

Hal itu pun membuat beberapa pihak menilai laga antara Inter melawan Juventus sudah tidak pantas dijuluki Derby d'Italia. Roberto Scarpini pun setuju dengan penilaian itu.

"Laga Inter melawan Juventus meruapan pertandingan yang penting, terutama untuk mengumpulkan poin maksimal dan finis di posisi tiga," kata Scarpini kepada Sport Italia.

"Juventus mungkin akan puas dengan akhir imbang pada laga nanti, tetapi kami tentu akan memulai laga dengan semangat meraih kemenangan."

"Derby d'Italia? Mungkin tidak, karena mereka pernah bermain di Serie B."

Internazionale akan menjamu Juventus dalam lanjutan Serie A 2012/13 pekan ke-30, Sabtu (30/3) dini hari WIB, di Giuseppe Meazza. Pada pertemuan kedua tim di paruh pertama liga, I Nerazurri meraih kemenangan 3-1 atas I Bianconeri.