Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alex Ferguson, Gelar ke-20 Masih Kurang untuk MU

By Vessy Dwirika Frizona - Jumat, 5 April 2013 | 13:49 WIB
Alex Ferguson (Matthew Stockman/Getty Images)

Impian Manchester United meraih multigelar musim ini kandas. Setelah disisihkan Real Madrid di Liga Champion, langkah The Red Devils di Piala FA juga dihentikan Chelsea pada laga ulang perempat final Piala FA (1/4).

Harapan Man. United tinggal bersisa di Premier League. Dengan keunggulan 15 poin, kepastian gelar juara bisa diraih lebih cepat andai meraih kemenangan pada laga derby melawan rival terdekat, Manchester City, Senin (8/4).

Berbeda dengan musim lalu, kali ini The Red Devils punya keunggulan poin yang lebih mencolok. Hampir dua kali lipat. Kemenangan pada derby akan memperlebar selisih poin menjadi 18 angka dari ”tetangga yang berisik” itu. Dengan hanya bersisa tujuh pekan, hanya kemalangan besar yang menghalangi langkah Man. United merebut titel ke-20.

Meski tak melepaskan kewaspadaan, manager, Sir Alex Ferguson sendiri optimistis kesialan musim lalu tak bakal terulang. Malah, Fergie berharap gelar juara musim ini diraih dengan langkah yang lebih tegap. Dia ingin timnya tak sekadar memuncaki klasemen akhir, pun memecahkan rekor pengumpul poin terbanyak di Premier League.

Rekor perolehan poin terbanyak Man. United di Premier League sejauh ini terjadi pada musim 1999-00. Musim tersebut, David Beckham dkk menjadi yang terbaik dengan 91 poin. The Red Devils sebenarnya pernah beroleh 92 poin saat menjadi juara musim 1993-94. Tapi, saat itu Premier League masih beranggotan 22 tim. Ketika kompetisi hanya berisikan 20 klub, rekor terbaik ditorehkan Chelsea pada musim 2004-05 dengan 95 poin.

"Jika bisa mengakhiri kompetisi dengan 96 poin, tentu saja saya sangat gembira karena akan menjadi musim yang fantastis bagi kami. Sudah pasti kami akan menjadi juara dengan perolehan poin tersebut," kata Fergie.

Laporan DuniaSoccer.com