Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

AC Milan Ditahan Imbang 10 Pemain Fiorentina, 2-2

By Syamsul Arif - Minggu, 7 April 2013 | 19:27 WIB
AC Milan vs David Pizarro (Claudio Villa/Getty Images)

31, Minggu (7/4) sore WIB, di Artemio Franchi. I Rossoneri gagal mempertahankan keunggulan yang didapat di babak pertama dan harus puas ditahan imbang 2-2 oleh 10 pemain La Viola.

Kedua tim langsung mengambil inisiatif menerang sejak awal laga. Pada menit ke-8, AC Milan berhasil membobol gawang Fiorentina, yang dikawal Emiliano Viviano, lewat tendangan Kevin-Prince Boateng. Namun, gol itu dianulir karena Mario Balotelli, yang memberi umpan kepada Boateng, terlebih dulu berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-14, I Rossoneri akhirnya benar-benar mencetak gol pertamanya lewat tendangan Riccardo Montolivo, memanfaatkan blunder David Pizzarro, yang terpeleset ketika mengontrol bola di area pertahanan La Viola.

Fiorentina terus berusaha menyamakan kedudukan. Pada menit ke-29, tendangan bebas Pasqual tipis ke kiri gawang AC Milan yang dikawal Christian Abbiati.

AC Milan berpeluang menambah keunggulan lewat sundulan El Shaarawy pada menit ke-34, tetapi Viviano masih lebih sigap mengamankan gawang La Viola. Pada menit ke-35, Fiorentina kembali memberi ancaman melalui sepakan keras Adem Ljajic dari luar kotak penalti, tetapi Abbiati berhasil menepis dan menangkap bola hasil tendangan Ljajic.

Fiorentina harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-39, menyusul dikartumerahnya Tomovic, karena dinilai dengan sengaja menyikut El Shaarawy.

Skor 1-0 untuk keunggulan Il Diavolo Rosso bertahan sampai babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, AC Milan mengendurkan tempo permainan sambil sekali-kali melakukan serangan dan membiarkan Fiorentina lebih menguasai pertandingan. Pada menit ke-62, I Rossoneri berhasil menambah keunggulan lewat gol Mathieu Flamini, memanfaatkan umpan silang Montolivo.

Setelah tertinggal 0-2, Fiorentina pun seperti langsung terbangun dari tidur dan melakukan serangan-serangan berbahaya ke jantung pertahanan Milan. Hal itu membuahkan hasil pada menit ke-72, setelah Adem Ljajic dijatuhkan Antonio Nocerino di kotak penalti Milan. Wasit pun tanpa ragu langsung menunjuk titik putih dan memberi hadiah penalti kepada La Viola. Ljajic pun sukses mengeksekusi tendangan penalti itu.

Pada menit ke-72, Fiorentina kembali memperoleh hadiah tendangan penalti menyusul pelanggaran Mattia De Sciglio kepada Juan Cuadrado di kotak penalti. David Pizarro yang bertindak sebagai eksekutor penalti pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan berhasil membuat skor menjadi imbang 2-2.

Hasil 2-2 tidak berbuah sampai peliut tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit.