Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Teknologi NASA Bantu Penyenbuhan Jack Wilshere

By Vessy Dwirika Frizona - Kamis, 11 April 2013 | 15:43 WIB
Jack Wilshere (Clive Brunskill/Getty Images)

masa penyembuhan cedera ankle yang didapat saat laga kontra Tottenham Hotspur, (3/3). Namun, penyembuhan cedera Wilshere kali ini tidak melalui cara biasa. Pihak Arsenal telah bekerja sama dengan Badan Antariksa Amerika Serikat atau yang dikenal NASA guna memulihkan kondisi sang pemain.

Wilshere memang lebih banyak menghabiskan waktunya di pusat medis Arsenal karena dirinya sedang menjalani rehabilitasi karena cedera ankle yang harus memaksanya menepi selama lima atau enam pekan.

Komponen utama dalam penyembuhan Wilshere adalah treadmill anti gravitasi yang diambil oleh klub pada 2011 lalu, setelah mendapat persetujuan dari lembaga olahraga elit Amerika seperti tim baseball Oakland Raiders, tim NBA Miami Heat dan Universitas Stamford.

Treadmill anti gravitasi ini dirancang oleh para astronot NASA. Penggunaannya disesuaikan dengan pemasangan teknologi weight-bearing.  Hal ini akan membantu Wilshere untuk berlari tanpa menempatkan tekanan yang ada pada ankle yang sedang dalam masa penyembuhan.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger pun optimis anak asuhnya itu dapat melewati masa-masa ini. "Jack sedang berada dalam momen sulit. Dia memang tidak merasakan sakit yang luar biasa. Namun, dia menyadari harus berhati-hati demi masa depannya. Dia masih sangat muda," ungkap Wenger.

Cedera yang dialami Wilshere memang bukan cedera sembarangan. Cedera ankle ini bisa saja menyebabkannya menepi selama 16 bulan, laiknya yang terjadi pada masa lampau.

Laporan DuniaSoccer.com