Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Suarez Terancam Sanksi, Uruguay Siap Membela

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 13 April 2013 | 03:23 WIB
Luis Suarez (Getty Images)

Piala Dunia 2014 antara Uruguay kontra Cile akhir bukan lalu menyisakan prahara bagi bomber Liverpool, Luis Suarez. Pada laga tersebut, pemain kontroversial itu tertangkap kamera memukul bek lawan, Gonzalo Jara.

Meski wasit asal Argentina, Nestor Pitana tak memasukkan insiden itu ke dalam laporan pertandingan, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) merasa perlu melakukan suatu investigasi. Mendengar hal ini, Presiden Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF), Sebastian Bauza mengaku berang.

"Suarez telah dianiaya di berbagai liga yang berbeda, terutama di Inggris. Kami pikir ini tak adil karena (insiden) itu terlihat sebagai aksi yang normal di sepak bola," bilang Bauza kepada situs resmi Conmebol.

"Kami akan membela dirinya sekuat tenaga. Tim juga akan bekerja keras dengan segala video dan foto yang menunjukkan Suarez hanya bereaksi atas sikap agresif yang dilakukan Jara," paparnya.

Terkait investigasi ini, AUF diberikan waktu untuk menghadap FIFA hingga 17 April mendatang. Jika dihukum larangan bertanding, ini akan jadi kerugian besar bagi La Celeste yang masih belum aman dalam jalannya ke Brasil 2014.

Laporan Duniasoccer.com