Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

La Liga Juga Akan Gunakan Teknologi Garis Gawang

By Syamsul Arif - Sabtu, 13 April 2013 | 11:33 WIB
Goal-Line Techonology (YOSHIKAZU TSUNO/AFP/Getty Images)

Direktur Umum Liga Sepak Bola Spanyol (LFP), Francisco Roca, menyatakan bahwa La Liga akan mulai menggunakan teknologi garis gawang dalam dua atau tiga tahun dari 2013. Rocca menyebutkan LFP masih mencari sistem yang lebih murah untuk diimplementasikan dan dipelihara.

Premier League dipastikan akan mulai menggunakan teknologi garis gawang Hawk-Eye mulai musim 2012/13. Dilaporkan impelementasi teknologi itu di setiap stadion akan memakan dana senilai 300.000 Euro.

Melihat keputusan yang dilakukan Premier League itu, Francisco Roca, selaku Direktur Umum LFP, pun menyatakan bahwa La Liga akan mengikuti langkah yang dilakukan Premier League dalam dua atau tiga tahun mendatang.

"Kami benar-benar membutuhkan banyak masukan untuk menggunakan teknologi itu. Kami akan selalu melihat jenis sistem dan biaya yang diperlukan," kata Roca seperti dilansir Football Espana.

"Kami tidak akan secepat Premier League dalam mengimplementasikan sistem itu, tetapi yang pasti adalah kami mendukung teknologi itu."

"Saya berharap dalam dua atau tiga tahun ke depan kami akan mampu menerapkan teknologi garis gawang yang kami beli atau mungkin kami ciptakan sendiri. Kami terus mencari sistem yang lebih murah ketika diimplementasikan dan dipelihara."