Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sepak Bola Italia Berada Dalam Krisis

By Jaka Sutisna - Sabtu, 13 April 2013 | 19:15 WIB
Marcello Lippi (Getty Images)

wakil Italia melewati babak Perempat Final Liga Champion membuat kakek yang baru saja merayakan ulang tahun ke-65 pada 11 April itu sedih.

Marcello Lippi yang sejak Mei 2012 melatih klub Cina, Guangzhou Evergrande, menilai fenomena kegagalan klub Italia di Eropa tak lepas dari buruknya kondisi perekonomian Italia.

"Tidak adanya tim yang berhasil melewati perempat final musim ini, menjadi pertanda buruk bagi sepak bola Italia. Ini mencerminkan situasi ekonomi juga. Klub-klub top Eropa memiliki pilihan yang sangat berbeda di pasar transfer," ujar Lippi kepada RaiSport.

Untungnya prestasi dan prospek buruk sepak bola Italia di tingkat klub tidak berimbas pada tim nasional Italia. Lippi menganggap kondisi Gli Azzurri berada dalam situasi yang bertolak belakang dengan klub-klub Italia.

"Skuad Italia dalam kondisi sangat baik. Mereka sedikit lagi lolos ke Piala Dunia Brasil 2014 dan memiliki masa depan yang bagus. Klub Italia tidak melakukan tindakan sebaik timnas," ungkap eks pelatih Juventus tersebut.