Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Minus Reus, Dortmund Bantai Greuter Fuerth 6-1

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 13 April 2013 | 23:29 WIB
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol Mario Gotze. (Lennart Preiss/Getty Images)

lolos dramatis ke semifinal Liga Champions. Dalam lanjutan pertandingan Bundesliga 1, Sabtu (13/04/2013), tim asuhan Juergen Klopp ini menghancurkan tuan rumah Greuter Fuerth dengan skor 6-1.

Dortmund memang sangat mendominasi pertandingan. Baru babak pertama saja, Robert Lewandowski cs sudah unggul 5-0 dari Fuerth. Padahal, mereka tanpa diperkuat sang bintang, Marco Reus, yang mengalami cedera ringan.

Dortmund langsung menciptakan peluang melalui Jakub 'Kuba' Blaszczykowski pada menit ke-11. Pemain asal Polandia tersebut merangsek ke pertahanan Fuerth dan nyaris mencetak gol sebelum bola diamankan oleh Hesl. Kegagalan Kuba tersebut tak mengendorkan semangat Dortmund. Hanya berselang satu menit, Goetze melepaskan tembakan kaki kiri, memanfaatkan operan Sebastian Kehl dari sudut kanan gawang yang tidak berhasil diselamatkan Hesl. Dortmund memimpin 1-0.

Tiga menit kemudian, Ilkay Guendogan memperbesar keunggulan Die Schwarzegelbe, memanfaatkan umpan Kuba dengan mencetak gol jarak pendek dari sisi kanan gawang. Tak puas dengan dua gol, Dortmund kembali menambah keunggulan  pada menit ke-28 melalui gol Lewandowski. Berawal dari sundulan Mario Goetze, striker Polandia tersebut menyudul bola ke gawang Hesl dari jarak dekat, 3-0 untuk Dortmund.

Keperkasaan anak asuh Juergen Klopp terus berlanjut pada menit ke-33 saat Guendogan mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Memanfaatkan umpan Kuba, Guendogan mengarahkan tendangan tepat ke sisi kanan gawang. "Pesta" gol Dortmund di babak pertama kemudian ditutup oleh gol kedua Goetze melalui tembakan kaki kanan yang diarahkan ke sisi kiri gawang.

Ketinggalan 5 gol, Fuerth kemudian mencoba menciptakan peluang melalui Sercan Sararer. Namun, tendangannya ke sisi kiri gawang Dortmund masih bisa diamankan oleh Roman Weidenfeller, begitu juga dengan sundulan Nicola Djurdic yang hanya meleset ke sisi kanan gawang.

Di babak kedua, Djurdjic kembali berupaya menggebrak pertahanan Dortmund. Namun, lagi-lagi tendangannya ke sisi kiri gawang bisa diamankan oleh Weidenfeller. Thanos Petsos juga mencoba menciptakan gol untuk Fuerth, namun tendangan jarak jauhnya masih terlalu tinggi.

Fuerth baru bisa mencuri gol melalui Edgar Prib pada menit ke-71. Bola tendangannya memanfaatkan assist Thomas Pledl menghantam sisi kanan bawah gawang Roman Weidenfeller.

Sayangnya "perpanjangan napas" Fuerth tak bertahan lama. Adalah Lewandowski yang memperlebar keunggulan Dortmund dengan gol jarak dekatnya memanfaatkan umpan dari Kuba. Gol ini memastikan Dortmund menang 6-1.

Meski menang telak, Borussia Dortmund tetap berada di posisi kedua klasemen sementara Bundesliga 1. Namun tidak ada perubahan jarak poin antara Dortmund dan Bayern Muenchen yang berada di puncak klasemen dan sudah memastikan juara.