Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Toni Schumacher: Menantikan Kontrak Baru

By Caesar Sardi - Rabu, 17 April 2013 | 07:00 WIB
Toni Schumacher. (Dok. Bild am Sonntag)

1 atas Spartak Moskow di Tiflis, Tony Schumacher duduk dengan wajah meringis di ruang ganti pemain sambil menggeliat-geliat kesakitan. Ahli pijatnya baru saja membalut jari tengah tangan kanannya yang cedera.

Tak kurang dari ketua umum klubnya, Peter Weiand, ikut sibuk mengurus penjaga gawang nasional Jerman Barat ini dengan wajah penuh kecemasan. Tetapi toh akhirnya Schumacher berkata sambil tertawa. "Ah, tidak terlalu parah. Pokoknya saya masih bisa main lagi nanti menghadapi Karlsruhe."

Bagi klubnya, Toni memang ibarat tabungan yang amat berharga. Kini ia sedang menantikan kontrak barunya yang akan berlangsung untuk lima tahun berikutnya. Pada saat itu ia mungkin sudah berusia 35 tahun.

Rundingan katanya akan diadakan 20 Desember ini. Dan untuk kontrak barunya itu Toni Schumacher akan meminta bayaran 400.000 Mark setahun atau sekitar Rp 136 juta. "Namun tentang uang masih belum dibicarakan," katanya kepada mingguan Bild am Sonntag.

Meski demikian, bukan tak ada persoalan tentang kontrak barunya itu. Klubnya, Koln, pada musim pertandingan tahun depan akan mendapat sponsor dari perusahaan Puma. Padahal, Schumacher masih terikat kontrak perseorangan dengan perusahaan saingannya Adidas - sampai akhir tahun 1987.

(Penulis: Hikmat Kusumaningrat, Tabloid BOLA edisi no. 41, Jumat 7 Desember 1984)