Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Benny Dollo Butuh Pemain Matang Pengalaman

By Andi Yanianto - Rabu, 17 April 2013 | 02:52 WIB
Benny Dollo, Persija wajib belanja pemain. (Kukuh Wahyudi/Bolanews)

Benny Dollo angkat bicara soal keterpurukan Persija di pentas kompetisi Liga Super Indonesia 2013. Pelatih senior yang sebulan terakhir menukangi Tim Macan Kemayoran menilai faktor kematangan pemain membuat Persija terhuyung di papan bawah. Ia menginginkan lebih banyak pemain matang pengalaman di klub asuhannya.

"Terlalu banyak pemain hijau pengalaman di tim ini. Mereka tidak siap menghadapi persaingan kompetisi kasta utama," kata Benny Dollo.

Benny Dollo, menyebut dirinya bukan antipemain muda. "Saya mendukung pemain-pemain muda mendapat kesempatan tampil, hanya saja komposisinya harus berimbang. Harus ada pemain-pemain senior yang punya pengaruh besar di tim, sehingga para pemain junior memiliki kepercayaan diri saat tampil di lapangan," papar sang mantan pelatih timnas tersebut.

Pelatih yang akrab disapa Bendol tersebut meminta manajemen klub agresif di jendela transfer pemain tengah musim nanti. "Tidak perlu melakukan perombakan besar-besaran. Cukup menambah beberapa pemain yang matang pengalaman dan memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan kepercayaan diri tim," kata Bendol.

Bendol menilai perubahan besar-besaran juga bukan solusi, mengingat keuangan Tim Oranye juga tidak dalam kondisi ideal. "Saya mengerti manajemen sedang kesulitan keuangan. Pilihan paling realistis adalah membeli pemain dengan harga murah atau meminjam dari klub lain," ucap sang mentor.

Sejumlah pemain dikaitkan dengan Persija. Salah satunya adalah penyerang naturalisasi Arema Indonesia, Greg Nwokolo. Pemain kelahiran Nigeria tersebut beberapa musim lalu sempat memperkuat Persija. Saat ini statusnya di Tim Singo Edan tidak stabil. Ia kalah bersaing dengan Cristian Gonzales dan Alberto Goncalves, yang lebih sering dimainkan pelatih Arema, Rahmad Darmawan.