Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Melepas Jerat Utang

By Kukuh Wahyudi - Kamis, 18 April 2013 | 09:57 WIB
PSSI (Dian/Bolanews)

pihak yang dalam beberapa bulan terakhir belum menerima hak mereka. Caranya, PSSI bakal melunasi utang yang diperkira­kan mencapai Rp15 miliar. Pelunasan itu tentu sudah dinantikan seluruh pihak yang hak mereka masih tertahan di PSSI.

Jumlah Rp15 miliar disebut berasal dari tunggakan gaji pelatih, ofisial, perangkat pertanding­an, hingga tunggakan akomodasi timnas.

Menurut catatan PSSI, salah satu tunggakan adalah gaji tim pelatih serta ofisial timnas selama 5-7 bulan, meliputi Nilmaizar, Fabio Oliveira, Aji Santoso, Widodo Cahyono Putra, Liestiadi, serta Indra Sjafri. Total tunggakan di­perkirakan kurang dari Rp1,4 miliar.

Ada pula tunggakan sekitar Rp7 miliar yang berasal dari pos perangkat pertandingan. Sisanya menyangkut jasa pihak lain, seperti hotel timnas selama menggelar pelatnas.

 "Semua sudah diinventaris oleh Bendahara PSSI. Semoga tidak ada yang tertinggal dan kami bisa melunasi kewajiban yang tertunda selama ini," ucap Tonny Aprilani, yang menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Revitalisasi Keuangan PSSI.

Tonny, salah satu anggota Komite Eksekutif (Komeks) PSSI, membeberkan pelunasan utang sesuai dengan hasil rapat Komeks PSSI di Surabaya pekan lalu dan akan diberikan kepada pihak terkait tepat pada peringatan HUT PSSI di Jakarta.

Untuk mekanisme pelunasan, seperti yang disampaikan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, PSSI mengundang seluruh pihak yang haknya ditunggak tersebut untuk hadir pada peringatan HUT PSSI.

"Mau diterima secara langsung atau ditransfer, silakan pilih sesuai keinginan," ucap Djohar.

Menurut Tonny, 70 persen dari uang sebesar Rp15 miliar yang digunakan untuk pelunasan utang itu merupakan dana patungan pengurus PSSI. Sisanya berasal dari hak siar dan keuntungan tiket pertandingan timnas.

Tonny berharap kasus tunggakan ini menjadi yang terakhir terjadi di PSSI. Dengan kembali bersatunya PSSI, pengurus saat ini bertekad untuk menata manajemen keuangan dengan lebih baik.