Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Real Madrid Geser Man. United Sebagai yang Terkaya

By Verdi Hendrawan - Jumat, 19 April 2013 | 05:11 WIB
Real Madrid, kini menjadi klub terkaya di dunia versi Forbes Magazine. (Denis Doyle/Getty Images)

baru ini, mengungkapkan bahwa kini untuk pertama kalinya Real Madrid berhasil menyingkirkan Manchester United sebagai klub sepak bola terkaya di dunia saat ini.

Menurut Forbes secara total kini Real Madrid memiliki kekayaan yang diperkirakan sebesar USD 3,3 miliar, sedangkan diurutan kedua Manchester United diperkirakan memiliki kekayaan yang setara dengan USD 3,17 miliar.

Majalah yang berbasis di Amerika Serikat itu menitik beratkan kepada pendapatan El Real dari sponsorship dengan Adidas yang mencapai nilai sebesar USD 50 juta hingga akhir musim 2019/20. Selain itu Los Merengues berhasil mendapatkan keuntungan dari sponsor seperti Emirates Airlines dan BBVA yang mencapai USD 240 juta pada musim lalu dan dari Bwin sebesar USD 20 juta.

Real Madrid juga mendapatkan keuntungan dari hak siar mereka secara total yang mencapai USD 250 juta yang juga memicu keuntungan tambahan sebesar USD 160 juta melalui setiap pertandinganyang dilakukan di Santiago Bernabeu.

Klub ibu kota Spanyol itu dipercaya mendapatkan 65 persen dari total keuntungan mereka dari luar negeri. Sedangkan Barcelona di tempat ketiga dengan kisaran kekayaan sebesar USD 2,6 miliar, namun setelah itu tidak ada lagi klub dari La Liga yang mampu menempati posisi 20 besar.

Berikut urutan klub terkaya di dunia menurut hasil survey malajah Forbes:

1. Real Madrid, USD 3,3 miliar

2. Manchester United, USD 3,17 miliar

3. FC Barcelona, USD 2,6 miliar

4. Arsenal,  USD 1,33 miliar