Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Taklukan Teror Jakabaring, Kunci Sukses Persipura

By Kukuh Wahyudi - Sabtu, 20 April 2013 | 22:58 WIB
Persipura

Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, bersyukur kemengangan timnya atas Sriwijaya. Bermain dibawah tekanan pendukung tuan rumah yang memadati Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu (20/4), Mutiara Hitam berhasil menorehkan dua gol ke gawang Rivky Mokodompit.

Bagi Jacksen, ketenangan dalam bermain menghadapi pemain tuan rumah serta pemain ke-12 Sriwijaya menjadi aspek penentu kemenangan.

"Kunci kemenangan kami adalah ketenangan dan fokus dalam menghadapi teror dan atmosfer stadion Jakabaring. Pertandingan yang luar biasa," papar Jacksen lewat pesan singkat kepada Bolanews, Sabtu (20/4).

Stadion yang berkapasitas 40.000 kursi itu dipenuhi pendukung Laskar Wong Kito. Dalam beberapa moment tertentu, penonton sempat melemparkan botol minuman ke lapangan sebagai bentuk intervensi mereka kepada Persipura.

Selain faktor tersebut, kematangan sang kapten Boaz Solossa dan kejelian Jacksen dalam pergantian pemain patut di apresiasi. Boaz dengan tenang dapat melepaskan tendangan terukur yang berbuah gol pada menit ke-86. Padahal mantan pemain PON Papua tersebut dikawal tiga pemain belakang Sriwijaya.

Sementara pergantian Gerald Pangkali dengan Nelson Alom di menit ke-65 berbuah hasil. Alom mencetak gol indah dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung Rivky pada menit ke-94.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan Persipura secara lima kali beruntun. Selanjutnya Persipura akan menjamu Gresik United (28/4) dan Arema (2/5) di paruh pertama Indonesia Super League (ISL) 2012/13.