Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Celtic Juara Liga Skotlandia Musim 2012/13

By Oka Akhsan M. - Minggu, 21 April 2013 | 21:43 WIB
Celtic, pastikan gelar Liga Skotlandia ke-44. (Jeff J Mitchell/Getty Images)

1 di Celtic Park, Minggu (21/4).

Gol kemenangan Celtic dicetak oleh Gary Hooper (61', 73'), Joe Ledley (66'), dan Georgios Samaras (88'). Sementara itu, gol balasan Inverness disumbangkan Aaron Doran (90'+2).

Kemenangan tersebut membuat perolehan poin Celtic sudah tak bisa lagi dikejar peringkat kedua Motherwell yang menang 3-1 atas Dundee United, Jumat (19/4). Motherwell masih tertinggal 15 angka dari Celtic yang mengoleksi 72 poin dari 34 laga dengan empat laga tersisa.

Celtic meraih gelar ke-44 Liga Skotlandia itu lebih mudah ketimbang musim lalu. Pasalnya, sang rival sekota sekaligus musuh bebuyutan mereka, Rangers, musim ini harus turun ke kasta keempat karena mengalami masalah keuangan.

Namun, rekor gelar terbanyak Liga Skotlandia masih dipegang Rangers. Klub yang sukses memenangi Divisi Empat pada Maret itu telah 54 kali menjadi klub terbaik di Skotlandia.

Dengan keberhasilan menjadi juara ini, Celtic berhak meraih tiket kualifikasi Liga Champion musim depan. Celtic berharap mampu melebihi pencapaian mereka yang melaju hingga babak 16 besar pada musim ini.