Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Persie Hattrick, Man. United Juara EPL Ke-20

By Verdi Hendrawan - Selasa, 23 April 2013 | 04:02 WIB
Robin van Persie (tengah), saat merayakan gol pembuka yang ia cetak pada menit ke-2. (Alex Livesey/Getty Images)

34 antara tuan rumah Manchester United yang berhadapan dengan Aston Villa berhasil dimenangkan oleh United dengan skor 3-0. Hal ini membuat Setan Merah berhasil meraih gelar ke-20 mereka sepanjang sejarah klub.

Pada babak pertama Manchester United sudah berhasil menekan pertahanan Aston Villa. Hal ini terbutki dengan lahirnya gol cepat Robin van Persie pada menit ke-2 dengan memanfaatkan umpan terukur Ryan Giggs di depan gawang yang sudah kosong.

Keunggulan United ini sempat membuat The Villans bermain lebih baik, namun pertahanan ketat Setan Merah dan buruknya penyelesaian akhir, membuat Aston Villa gagal mencetak angka.

Dengan bermain lebih terbuka, Aston Villa kembali harus menerima pil pahit. Van Persie yang bermain kesetanan pada babak pertama berhasil mencetak gol keduanya pada menit ke-13 melalui sepakan keras first time mautnya dengan memanfaatkan umpan panjang Wayne Rooney dari lini tengah.

Dengan berhasilnya Van Persie mencetak gol keduanya itu, tidak membuat penyerang asal Belanda itu menurunkan intensitas serangannya. Ia kembali mencetak gol ketiganya pada menit ke-33 dengan kembali memanfaatkan umpan Giggs di area kotak penalti.

Aston Villa bermain bukan tanpa peluang. melalui Christian Benteke dan Gabriel Agbonlahor, The Villans sempat mengancam gawang David De Gea, namunsepakan mereka masih sedikit menyamping dari sasarannya. Keunggulan 3-0 bagi Manchester United ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Manchester United masih berhasil menguasai jalannya pertandingan. beberapa peluang sempat lahir melalui Van Persie, Michael Carrick dan Rooney pada awal babak kedua. Sedangkan Aston Villa yang mengandalkan Benteke juga sama masih gagal mencari gol mereka.

United berhasil mendapatkan peluang terbaik mereka melalui Shinji Kagawa pada menit ke-77, namun ketenangan dirinya dalam menendang bola gagal memperbesar keunggulan timnya. Sedangkan Aston Villa memiliki peluang melalui Benteke, namun kesigapan De Gea berhasil mengamankan bola.

Keadaan ini berlangsung higga akhir laga, yang membuat Manchester United berhasil merengkuh gelar Premier League mereka yang ke-20.

Susunan pemain: