Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tujuh Kontroversi yang Pernah Dibuat Suarez

By Verdi Hendrawan - Kamis, 25 April 2013 | 02:50 WIB
Luis Suarez, saat menggigit Branislav Ivanovic. (Andrew Yates/Getty Images)

Setelah penyerang andalan Liverpool, Luis Suarez, tertangkap kamera menggigit bek Chelsea, Branislav Ivanovic, dan dihukup larangan bermain sebanyak 10 laga Premier League, ternyata bukan itu saja sensasi yang pernah dilakukannya.

Ternyata ada enam hal lagi diluar gigitan Luis Suarez kepada Branislav Ivanovic. Berikut kejadian kontroversional yang pernah dilakukan Suarez dan dikenang sepanjang karier pemain asal Uruguay itu:

1. Handsball Piala Dunia 2010 Uruguay vs Ghana (Juni 2010)

Dalam perpanjangan waktu pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2010 antara Uruguay menghadapi Ghana, Luis Suarez pernah melakukan tindakan yang tidak sportif dengan menghalau bola di depan garis gawang Uruguay dengan menggunakan tangannya dan Suarez pun diganjar kartu merah. Namun Penalti yang dilakukan oleh Asamoah Gyan gagal berbuah gol dan Uruguay pun lolos ke Semifinal setelah mememangkan adu enalti.

2. Menggigit Bahu Otman Bakkal Ajax vs PSV (November 2010)

Selain menggigit Ivanovic, ternyata Suarez pernah menggigit bahu poemain berlakang PSV Eindhoven, Otman Bakkal, saat ia masih membela Ajax Amsterdam. Suarez pun dihukum hanya dua pertandingan saat itu oleh KNVB dan Suarez pun sempan mendapat julukan 'Cannibal of Ajax'.

3. Tindakan Rasial Kepada Patrice Evra Liverpool vs Manchestwer United (Oktober 2011)

Suarez pernah terbukti melakukan tindakan rasis kepada bek Manchester United, Patrice Evra, yang membuat dirinya dikenai denda sebesar 40 ribu pound dan larangan tampil selama delapan pertandingan. Hal ini dikomentari oleh FA sebagai tindakan yang dapat merusak citra sepak bola Inggris di seluruh dunia. Suarez dan manajer Liverpool saat itu, Kenny Dalglish, dipaksa untuk meminta maaf, namun setelah itu Suarez tampak tidak merasa bersalah dan sempat menghindari untuk berjabat tangan dengan Evra saat kedua tim kembali bertemu.

4. Melakukan Diving Dengan Sengaja Liverpool vs Stoke City (Oktober 2012)

Suarez sepanjang kariernya sering dituduh sebagai pemain yang hampir selalu melakukan diving pada setiap pertandingannya. Suarez sempat mengaku kepada media di Argentina dengan mengatakan bahwa ia sengaja melakukan diving saat Liverpool berhadapan dengan Stoke City pada Oktober 2012.