Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chelsea akan Berjaya pada Bursa Transfer 2013

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 27 April 2013 | 03:01 WIB
Chelsea, Champions of Europe 2011/2012 (Steve Bardens/Getty Images)

habiskan memanfaatkan momen itu untuk mendatangkan sejumlah pemain bintang demi memperkuat armada Roman Emperrors itu.

Chelsea tercatat sebagai salah satu klub yang paling aktif di bursa transfer. The Blues juga merupakan tim Liga Premier yang paling banyak menghabiskan uang.

Juara Eropa 2011/2012, Chelsea, telah menghabiskan 160 juta pound sejak tahun 2011 guna mendatangkan pemain bintang seperti Fernando Torres, Eden Hazard, Oscar, David Luiz, dan Juan Mata.

Musim 2012/2013 saja, klub asal London Barat itu rela menggelontorkan dana sebesar 70 juta. Hasil tersebut dirasa pantas demi membawa sederet pemain berkelas seperti Oscar, Marko Marin, Eden Hazard beserta adiknya Thorgan ke kerajaan Roman Abramovich.

Jumlah yang fantastis memang, sebab pengeluaran Chelsea tersebut menyumbang 50% lebih dari total pengeluaran di Premier League. Secara keseluruhan, liga top Eropa ini menghabiskan dana 189 juta Poundsterling untuk belanja pemain.

Setelah jatuh ke taipan minyak asal Rusia, Roman Abramovich, The Blues memang dicap sebagai klub yang doyan belanja. Hanya dalam kurun waktu dua tahun setelah kedatangannya ke Stamford Bridge, Abramovich telah menghabiskan dana sebesar 300 juta Poundsterling.

Pada bursa transfer 2013 nanti, Chelsea tentu akan jor-joran mendatangkan pemain berkelas yang masuk dalam radar Abramovich, seperti Ramadel Falcao (Atletico Madrid), Andre Schurrle (Bayer Leverkusen), Marouane Fellaini (Everton), Hulk (FC Porto), Edinson Cavani (Napoli), Virgil van Dijk (FC Groningen), dan gelandang Newcastle, Cheick Tiote.