Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menpora Dukung Sanksi Untuk Pieter Rumaropen

By Kukuh Wahyudi - Sabtu, 27 April 2013 | 21:52 WIB
Menpora Roy Suryo (Dwi Arie Setyadi/Bolanews)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyatakan dukungannya atas hukuman yang diberikan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terhadap pemain Persiwa,  Pieter Rumaropen. Komdis menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada Pieter.

"Saya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga sangat setuju terhadap sanksi itu, dan saya instruksikan pada PSSI untuk bertindak tegas," papar Roy Suryo kepada Antara, Sabtu (27/4).

Pieter melakukan pemukulan kepada Muhaimin saat laga Pelita Bandung Raya (PBR) menghadapi Persiwa di Stadion Siliwangi, Bandung, Siliwangi (21/4). Kala itu Persiwa mendapatkan dua kali penalti dan kalah 1-2. Komdis menilai perilaku Pieter yang mencederai wasit Muhaimin merupakan tindakan buruk dan pantas dijatuhkan hukuman.

Atas kelakuannya tersebut Muhaimin harus dilarikan kerumah sakit dan menerima empat jahitan di bibir sebelah kiri. Sementara Muhaimin telah dimintai keterangan oleh Komdis.

Kasus Pieter juga telah beredar dibeberapa media asing, seperti ESPN FC dan The Guardian. Diharapkan sanksi tersebut bisa menjaga nama baik sepak bola Indonesia di mata dunia.