Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Thailand Semakin Serius Gelar F1 pada 2015

By Tulus Muliawan - Minggu, 28 April 2013 | 20:37 WIB
Formula 1 siap rambah Thailand pada 2015. (Paul Gilham/Getty Images)

Usaha Thailand untuk menjadi salah satu tuan rumah ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1, semakin serius. Pemerintah Thailand akan segera mengirimkan gambaran tata letak lintasan kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA) pekan depan.

Otoritas Olahraga Thailand bertemu dengan FIA pada Kamis (26/4) untuk membahas konsep dan menegaskan bahwa lintasan yang juga merupakan jalanan kota Bangkok dengan panjang 5.995 km akan dibuat di dekat Royal Thai Naval Dockyard, Bangkok.

Kabarnya, persetujuan akhir mengenai konfigurasi lintasan akan siap untuk ditandatangani pemerintah dalam beberapa bulan ke depan. Lintasan balap itu rencananya juga akan mengelilingi sejumlah tujuan utama pariwisata, seperti Grand Palace, Kuil Fajar, dan Victory Monument.

Thailand telah berencana menggelar perlombaan sejak beberapa tahun terakhir. Red Bull menjadi salah satu pendukung yang paling tertarik untuk menggelar balapan malam di ibukota Negeri Gajah Putih itu.

Jika rencana ini terealisasi, Thailand akan menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang bisa menggelar F1 setelah Malaysia dan Singapura. Gelaran F1 di Thailand juga diyakini akan menarik perhatian penonton dengan jumlah yang tidak sedikit, seperti yang terlihat saat Mark Webber melakukan demo di Bangkok pada 2010.