Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Posisi 11 di F1 Tak Dapat Hadiah Uang

By Eky Rieuwpassa - Selasa, 30 April 2013 | 20:51 WIB
Bernie Ecclestone (Getty Images)

Bos Formula 1, Bernie Ecclestone mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan bagi tim peserta. F1 hanya akan memberi hadiah uang kepada tim yang masuk posisi sepuluh besar di akhir musim.

Keputusan Ecclestone membuat  pertarungan sengit akan terjadi antara tim Williams, Caterham dan Marussia.

Pada musim ini ada 11 tim yang berkompetisi di F1. Untuk sementara setelah empat seri, tim Williams, Marussia dan Caterham menduduki posisi tiga terbawah pada klasemen konstruktor.

Pada tiga musim terakhir, tim-tim yang menduduki posisi luar 10 besar tidak perlu khawatir karena mereka masih mendapatkan hadiah sebesar 10 juta dolar AS atau sekitar 97,220 miliar rupiah sesuai persetujuan yang tertulis dalam Concorde Agreement. Namun, pembayaran yang termasuk di dalam Concorde Agreement lama tersebut sudah berakhir karena musim ini, Ecclestone telah menandatangani kesepakatan komersial terpisah dengan setiap tim.

“Tim seperti Marussia tak memiliki kesepakatan komersial karena mereka tidak berada di posisi 10 besar. Kami membayar tim 10 besar, itulah apa yang kami lakukan.” kata Ecclestone di Autosport.

“Selama tiga tahun, kami telah melakukan hal yang berbeda karena kami memiliki kesepakatan dengan Max (Mosley), tetapi dari sekarang kami akan membayar tim 10 besar," tambah Ecclestone.