Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Komentar Pedas Luciano Moggi Soal Javier Zanetti

By Okie Prabhowo - Kamis, 2 Mei 2013 | 00:15 WIB
Javier Zanetti (Marco Luzzani/Getty Images)

Kapten Internazionale, Javier Zanetti, mengalami cedera tendon Achilles dan harus absen selama enam bulan. Meski Direktur Juventus, Luciano Moggi, mendoakan agar pemain asal Argentina tersebut cepat pulih tetapi tetap saja ia membuat komentar pedas soal Zanetti.

Luciano Moggi selalu frontal dalam mengkritik orang lain terutama setelah ia menjadi pundit usai terpuruk dalam skandal Calciopoli. Moggi bahkan membuat komentar kontroversial soal Javier Zanetti.

"Saya mendoakan Zanetti yang terbaik karena ia orang yang baik dan kuat secara profesional. Jadi saya berharap ia dapat kembali secepat mungkin," ujar Moggi kepada Radio Mana Mana.

"Namun, saya menyarankan kepadanya untuk menghabiskan beberapa bulan ke depan untuk mempelajari bukti dari pengadilan soal Calciopoli daripada mempercayai apa yang dikatakan Massimo Moratti."

"Akan tetapi itu sepertinya tidak akan membuat perbedaan karena pemain asal Argentina tersebut mungkin dipaksa untuk berpura-pura agar ia bisa mendapatkan posisi Giacinto Facchetti di klub," kata Moggi.

Facchetti adalah mantan Presiden Internazionale yang meninggal pada September 2006. Rekaman penyadapan telefonnya pada 2011 membuktikan dirinya secara rutin melakukan kontak dengan pihak wasit selama Calciopoli terjadi.

Komisi Disiplin federasi sepak bola Italia, FIGC, menemukan bahwa I Nerazzurri dan Facchetti dapat diberi sanksi terkait pengaturan pertandingan. Akan tetapi batas waktu undang-undangnya telah berlalu.

Zanetti dikabarkan akan menduduki posisi direktur di Inter usai dirinya gantung sepatu. Keputusan pensiun pemain berusia 39 tahun ini kemungkinan akan lebih cepat menyusul cedera yang dialaminya.