Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Seleksi Pemain Demi Bentuk Tim Tangguh

By Eky Rieuwpassa - Kamis, 2 Mei 2013 | 19:09 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, jadi andalan. (Erly Bahtiar/Bolanews)

Menjelang Piala Sudirman 2013, tim bulu tangkis Indonesia semakin konsentrasi mempersiapkan diri. Nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, maupun ganda campuran serius menjalani latihan.

Ganda campuran termasuk yang paling siap, karena ada dua pasangan yang sudah siap tempur. Mereka adalah pasangan juara India Terbuka Superseries tiga kali Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan pasangan Muhammad Rijal/ Debby Susanto.

Tinggal satu pasangan lagi yang akan dipilih dari tim bayangan. Ada dua pasangan ganda putra juga menunjukkan peningkatan prestasi yang cukup signifikan belakangan ini. Selain pasangan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra yang sudah masuk 10 besar dunia, pasangan Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan kini juga sudah berada di peringkat 11 besar dunia.

"Ganda putra ada peningkatan, selain ganda campuran yang sudah on the track. Namun nomor lainnya seperti tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri terus bekerja keras mempersiapkan diri. Pelatih masing-masing sedang fokus mempersiapkan atletnya untuk Piala Sudirman," kata Kasub Humas dan Media Sosial,  Ricky Soebagdja.

Sementara di nomor tunggal masih berat, karena Indonesia bertemu dengan lawan berat seperti China dan India di grup A.Menurut juara All England dua kali (1993 dan 1994) ini, akhir-akhir ini prestasi nomor ganda Indonesia memang lebih baik dibanding tunggal.